Selasa, 21 Februari 2012

Info Unik | Info Unik Statistika

Info Unik | Info Unik Mengenai Statistika
Info Unik Mengenai Statistika
Assalamualaikum wr wb,,,

Info Unik Mengenai Statistika - Waooww,,,, apa kabar kawan ??? Luar biasa bukan.... salam hangat dariku hehehe
Info Unik Mengenai Statistika, hmmmm rasanya selain foto lucu, info ini cukup menarik untuk kawan ketahui. Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih untuk ayah saya karena meminjamkan buku statistikanya, karena dari buku itulah saya dapat ilham untuk memposting info statistika ini.
Mungkin bagi sebagian orang info ini sudah diketahui, walau tidak semudah memperbaiki windows, keorginalitas postingan ini tetap saya jaga dan mungkin info ini sudah diposting oleh beberapa rekan blogger lainnya, namun perlu digaris bawahi postingan ini bukan bajakan.
Okey langsung aja kita simak dengan seksama, baca dengan teliti agar tidak ada jawaban yang salah (just kidding J)
Cekidot,,, !!!
Statistika yang identik dengan hitung-hitungan ala matematika ini sering kita jumpai pada kelas tiga dibangku SMA ataupun sederajat. Sampai saat ini Tidak ada perangkat yang lebih baik kecuali matematik untuk menjelaskan kaidah-kaidah dalam statistik, bukan berarti tidak ada cara lain untuk mengerjakannya.
Pada umumnya dalam statistik yang biasa kita pelajari adalah untuk mengetahui data-data dari beberapa kasus ataupun lainnya, yang kemudian diolah menjadi sebuah angka ataupun gambar yang mendefinisikan tentang mean, ataupun perangkat hitung statistik lainnya.
Namun, yang menarik disini adalah sejarah tentang statistik itu sendiri. Mau tau ?
Info unik mengenai statistika, kata statistik merupakan turunan dari istilah dalam bahasa latin yaitu ratio startus yang berarti mengenai praktek politik atau seni bagi orang-orang pemerintahan yang selanjutnya dikenal dengan istilah statistia. Pada pertengahan abad ke 17 tepatnya tahun 1749 oleh Anchenwell statistik didefinisikan sebagai ilmu politik dari beberapa negara. Sedangkan menurut W. Hooper statistik diartikan sebagai ilmu yang mengajarkan kepada kita tentang bagaimana menyelenggarakan negara-negara modern yangsudah dikenal dunia.
Sedangkan pada abad 18 tepatnya tahun 1829, Quetelet menuliskan bahwa diantara elemen-elemen yang dicakup dalam statistik, beberapa diantaranya dinyatakan berupa gambar, dan lainnya dengan angka.
Sampai pada tahun 1869, telah dikenal kurang lebih 180 definisi yang menyinggung statistik. Menurut beberapa sumber statistik didefinisikan sebagai fakta-fakta yang dikalkulasikan untuk menggambarkan kondisi sekarang dan masa depan suatu masyarakat (oleh London Statistical society). Kemudian oleh presiden organisasi tersebut dikembangkan menjadi ilmu yang membahas tentang struktur masyarakat (1885). Nampak dalam statistik tidak hanya fakta saja yang disajikan, tetapi fakta yang sudah dikalkulasikan. Faktanya bukan merupakan data mentah belaka, tetapi yang sudah mengalami pengolahan tertentu.
Nah, pembahasan panjang lebar diatas menimbulkan suatu pertanyaan yang umum dilontarkan orang, lantas apa hubungannya politik dengan ilmu statistik yang sekarang ? bagaimana perkembangannya ?
Jawabannya sebagai berikut, dan ini yang menarik. Pada masa itu (abad 17 dan 18) statistik menjadi bagian dari kegiatan politik pemerintahan. Mengapa ? karena bidang kegiatan paa umumnya mencatat mengenai jumlah penduduk, luas kepemilikan tanah, proses jual beli tanah dan sebagainya. Masalah-masalah ini berkaitan dengan penetapan besarnya pajak, yang akhirnya akan berkaitan dengan besarnya penerimaaan belanja negara. Melihat luas dan pentingnya statistik dalam sistem pemerintahan, maka tidak heran bila statistik dikaitkan dengan ilmu politik maupun ilmu kenegaraan. Pelajaran penting disini adalah bahwa kegiatan dalam statistik berkaitan dengan pengumpulan fakta-fakta dan perolehan informasi dari fakta ini untuk keperluan tertentu. Jadi, kegunaan statistikpun menjadi meluas hingga ke sektor-sektor kecil.
Oke sobat, setelah membaca postingan Info Unik Mengenai Statistika ini kita dapat membuat suatu kesimpulan sendiri-sendiri untuk disimpan dan diamalkan untuk orang yang belum tahu tentang hal ini.
Semoga postingan Info unik mengenai statistika ini dapat berguna bagi kita semua dan jangan lupa kripik sausnya (kritik dan saran) dengan cara berkomentar. Tunggu postingan selanjutnya di galeri info unik, dan jangan sungkan-sungkan membaca postingan yang sudah tua di blog ini karena tidak kalah menariknya.
Akhir kata saya mengucapkan terimakasih.
wassalamualaikum wr wb
HIDUP ADALAH PERJUANGAN

Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar