Rabu, 22 Februari 2012

Aplikasi SMS Untuk Tuna Netra

Para peneliti mengembangkan teknologi baru untuk membantu orang buta mengirim pesan pendek atau SMS dengan menggunakan layar sentuh. Tim peneliti perusahaan Georgia Tech memproduksi aplikasi Brailletouch berdasarkan sistem penulisan Braille. Rencananya aplikasi ini akan tersedia untuk telepon keluaran Apple dan Android. Kecepatan mengetik dengan aplikasi baru ini dilaporkan enam kali lebih cepat dibandingkan metode yang ada sekarang untuk pengguna yang tidak bisa melihat.

Aplikasi Brailletouch dioperasikan dengan menggunakan enam jari.

Akses teknologi bagi orang-orang yang mempunyai masalah penglihatan belakangan ini menjadi persoalan yang makin besar di tengah pertumbuhan peralatan dengan sistem layar sentuh. Menurut sejumlah ahli, teknologi yang tersedia saat ini seperti teknologi Voiceover dari Apple memang bisa berfungsi tetapi terlalu lamban sehingga penggunaannya tidak efektif.

Brailletouch -yang diharapkan akan diluncurkan dalam waktu beberapa pekan mendatang- menggunakan sistem yang dikendalikan dengan enam jari dan -yang paling penting- tidak membutuhkan gerakan tangan. "Pengguna yang bisa mengetik Braille tidak pernah menggerakkan tangan mereka," jelas Mario Romero, peneliti utama dalam proyek ini.

"Ketika pengguna memegang telepon mereka memegang dengan layar yang membelakangi mereka dalam bentuk melebar. Mereka menggunakan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis di kedua tangan untuk telepon itu." "Bukan seperti keyboard Qwerty yang digerakkan ke atas dan ke bawah. Begitulah cara kerjanya, kita bisa menggunakan hanya dengan enam kunci," tambah Mario.

Aplikasi-aplikasi serupa dengan brailletouch yang diurut berdasarkan harga


Pola karakter huruf braille dalam aplikasi brailletouch


Desain brailletouch untuk iphone

Bagian belakang


Bagian depan


Penulisan huruf-huruf dilakukan dengan menekan tombol/kombinasi tombol seperti gambar diatas, buat tombol tambahan seperti spasi dan backspace dengan menekan tombol ditengah (tombol 7), buat baxkspace dengan menekan kombinasi tombol 6 dengan spasi. Aplikasi brailletouch dilengkapi dengan suara

sumber : BBC, gatech, cc.gatech.edu
credit : frey, southern dan Romero
Sumber terakhir format pdf hasil penelitian, bagi yang minat silahkan donlot
Aplikasi yang menarik dan open source, salut buat peneliti di georgia tech.

source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13219657

Tidak ada komentar:

Posting Komentar