Senin, 27 Februari 2012

Tidur Berkualitas

Tidur adalah keadaan istirahat alami, pada manusia tidur penting untuk kesehatan. Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kriminalitas ketika kita sedang tidur. Tapi apakah tidur anda berkualitas?
Bagi Anda yang selalu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas, berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan seperti dilansir oleh Health.

1. Bersantai dengan Benar

Saat berada di atas tempat tidur, bukan waktu yang tepat untuk merenungkan peristiwa yang terjadi seharian ini. Lebih baik Anda menulis dalam buku harian tentang hal-hal besar yang telah terjadi hari ini setidaknya dua jam sebelum tidur, jadi pikiran Anda tidak akan pusing.

Sebelum tidur, cobalah untuk membayangkan ketenangan, misalnya duduk di tepi pantai atau berdiri di atas gunung. Seiring berjalannya waktu, jika rutinitas baru ini dilakukan secara rutin akan membantu otak Anda lebih tenang dan santai.

2.Hindari Suara-suara Bising

Suara dengkuran, suara kendaraan dari luar dan sebagainya akan terus membuat Anda terjaga. Ganti semua suara yang mengganggu tersebut dengan lagu-lagu yang membuat Anda nyaman. Untuk kenyamanan lebih, Anda bisa mencoba sleep phones, speaker tipis yang dibalut dalam ikat kepala yang berbulu sangat halus.

3. Membuat Catatan

Rutinitas harian sangat mempengaruhi seberapa baik kualitas tidur. Mulailah hari Anda mencatat berapa banyak kafein yang telah diminum, kapan dan berapa banyak olahraga yang Anda lakukan, apa saja yang Anda makan, kapan Anda tidur dan bangun, serta tuliskan juga total waktu tidur Anda. Kemudian konsultasikan catatan tersebut dengan dokter atau ahli kesehatan untuk melakukan evaluasi dan menetapkan cara terbaik bagi waktu tidur Anda.

4. Coba Teknik Relaksasi

Ketika sudah berada di atas tempat tidur, cobalah teknik relaksasi ini. Gerakkan jari-jari kaki Anda sampai hitungan ketujuh, dan kemudian rileks. Ulangi kegiatan ini pada bagian kelompok otot yang bekerja dari jari-jari ke leher Anda.

5. Buat Suhu Kamar Lebih Sejuk

Orang lebih mudah tertidur dan dapat tidur dengan baik dalam ruangan yang suhunya cukup dingin. Segera atur AC Anda dalam suhu yang lebih rendah atau nyalakan kipas angin. Jika tidak terbiasa dengan AC atau kipas angin, cobalah memakai piyama yang terbuat dari katun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar