Sabtu, 18 Februari 2012

Hadits-hadits tentang mandi besar pada hari Jumat

Hadits tentang mandi besar>>
Kali ini saya akan share mengenai berbagai hadits yang menjelaskan tentang perintah mandi besar pada hari Jumat, sebelum melaksanakan shalat Jum'at.
Dan berikut ini hadits-haditsnya :

Hadis riwayat Abdullah bin Umar, ia berkata:
Aku mendengar Rasulullah bersabda: Bila salah seorang di antara kalian hendak melakukan salat Jumat, maka hendaknya ia mandi. (Shahih Muslim No.1393)

Hadis riwayat Umar bin Khathab: ia berkata:
Bahwa Rasulullah memerintahkan mandi (Jumat). (Shahih Muslim No.1395)

Hadis riwayat Umar bin Khathab, ia berkata:
Rasulullah bersabda: Bila salah seorang di antara kalian hendak melakukan salat Jumat, maka hendaklah ia mandi. (Shahih Muslim No.1396)

Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang balig. (Shahih Muslim No.1397)

Hadis riwayat Aisyah ra., ia berkata:
Biasanya kaum muslimin berangkat untuk melaksanakan salat Jumat dari rumah-rumah mereka dari desa-desa sekitar Madinah dengan memakai abaya (sejenis jubah). Debu-debu mengenai mereka, sehingga mengeluarkan bau tubuh. Lalu seseorang di antara mereka mendatangi Rasulullah saw. yang berada di dekatku. Rasulullah saw. bersabda: Sepatutnya kalian mandi untuk menyambut hari ini. (Shahih Muslim No.1398)

Dengan melihat hadits diatas, ada baiknya kita senantiasa mandi besar dahulu sebelum melaksanakan shalat Jumat, Mandi besar dilakukakan dengan membasahi tubuh kita dari ujung rambut hingga ujung kaki.
Wallahualam bishshowab.
akmil ibnu sobari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar