Senin, 27 Februari 2012

Google Goggles, Ponsel Kacamata

Jika Anda adalah salah seorang yang menghabiskan banyak waktu mencari keberadaan ponsel, Google mungkin memiliki jawabannya. Solusi tersebut akan tersedia tepat di depan mata Anda. Perusahaan teknologi raksasa Google dalam waktu dekat akan meluncurkan "kacamata pintar" futuristik yang mampu memberi semua layanan yang diberikan smartphone, langsung ke mata si pemakai.

 Kacamata ini dijuluki Google Goggles, akan dibekali layar mini serta spesifikasi canggih, yang memungkinkan pengguna berselancar internet atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan pesan teks atau email tanpa mengangkat jari. Layar ini dikendalikan dengan 'mouse' yang digerakkan hanya dengan memiringkan kepala Anda. Dan jika Anda ingin melakukan panggilan telepon, kacamata ini akan mengakomodir karena telah disediakan mikrofon internal.

Sebuah laporan mengatakan, Google Goggles yang akan merevolusi pasar smartphone ini bakal tersedia di akhir tahun 2012 dan dibanderol kurang dari 380 Euro (Rp 4,6 juta) . Ini tentu lebih murah dari harga iPhone dari Apple. Pengguna dapat melihat seperti biasa melalui lensa kacamata, dan dikenakan dalam kegiatan sehari-hari seperti pergi ke kantor atau bertemu kolega. Cukup lambaikan kepala untuk mengaktifkan layar dan bisa memulai menggunakan internet.

Kacamata ini akan menggunakan sistem operasi Android dari Google, sama seperti yang digunakan smartphone dan tablet. Konektivitas internetnya terhubung melalui jaringan 3G atau 4G. Google Goggles juga akan dilengkapi dengan teknologi pemetaan GPS dan sensor gerak, serta kamera. Ini membawa prospek bahwa pemakai akan mendapat informasi langsung mengenai bangunan yang mereka lihat, petunjuk terdekat, atau teman yang sedang berada di daerah tersebut. Perangkat ini juga akan membawa potensi baru dalam dunia periklanan, untuk menjangkau pengguna dalam keadaan yang lebih pribadi.

Seth Weintraub, dari blog "9to5 Google", memberi informasi bagaimana perangkat kacamata ini akan menuai sukses. "Sistem yang saat ini digunakan adalah dengan memiringkan kepala untuk melakukan klik ataupun menggulirkan layar," kata Seth. Ia mengatakan, kita akan mudah mempelajari alat ini dengan cepat dan sekali menggunakannya akan langsung mahir dalam bernavigasi.

Menurut informasi yang didapatkan Seth, Google Goggles memiliki kamera yang menghadap ke depan, dan mendukung aplikasi augmented reality. Kacamata ini sedang dikembangkan di laboratorium rahasia riset Google di Mountain View, California, Amerika Serikat. Apple juga diperkirakan sedang mengembangkan teknologi percobaan, seperti smartphone yang dapat dipakai sebagai jam tangan atau dijahit menjadi pakaian. -kompas.com-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar