Selasa, 04 Oktober 2011

Fitur Timeline Facebook Digugat

Timelines.com, perusahaan asal Chicago Amerika Serikat (AS) memperkarakan fitur Timeline Facebook yang baru saja diperkenalkan. Alasannya, fitur tersebut dituding melanggar merek dagang milik Timelines.com dan berpotensi 'menendang' perusahaan kecil seperti mereka.

Gugatan telah didaftarkan Timelines.com kepada Facebook melalui pengadilan Illinois Utara, AS. Situs ini berharap bisa memaksa Facebook untuk membatalkan perilisan fitur Timeline mereka, yang dijadwalkan meluncur secara resmi awal bulan ini.

Timelines.com juga memberi catatan bahwa mereka memiliki Facebook Page. Perusahaan kecil itu menuding Facebook mengarahkan pencarian untuk kata 'Timeline' di Facebook dari Facebook Page mereka ke webpage Timeline milik Facebook.

Selasa (4/10/2011), pengadilan yang menangani perkara gugatan ini untuk sementara menolak permintaan Timelines.com. Hakim pengadilan Edmond Chang mengatakan Timelines.com harus bisa membuktikan kasusnya ini atas penggunaan kata 'timeline'.

"Mereka harus bisa membuktikan bahwa istilah 'timelines' tidak langsung jatuh ke kategori generik," kata Chang.

Sementara itu, Product Manager Facebook Samuel Lessin mengatakan bahwa Facebook sama sekali tidak berencana membuka akses yang lebih luas dari yang ada saat ini dan tidak pula berencana mempromosikan Timeline di media mana pun.

Timeslines.com sendiri menamakan dirinya sebagai web pertama yang memungkinkan orang-orang bisa berbagi dan merekam kisah mereka secara kolaboratif. Website ini memungkinkan pengguna merekam detail sebuah event dan menghubungkan mereka dalam sebuah tempat ke event terkait lainnya.

Dikutip dari : detikinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar