Selasa, 11 Oktober 2011

Google Doodle Hari Ini

Hari ini, Rabu (12/10), Google memperingati ulang tahun seniman Amerika Serikat (AS) pelopor animasi tanah liat (stop motion clay animation) Art Clokey. Hal unik pada logo Google kali ini, Anda bisa melihat animasi tanah liat dengan mengklik lima bola berwarna disamping kotak berhuruf ‘G’.

Arthur ‘Art’ Clokey lahir pada 12 Oktober 1921 dan meninggal pada 8 Januari 2010. Ia menjadi pioner dunia stop motion clay animationmelalui eksperimen pada 1955 melalui film berjudul Gumbasia.
Saat itu, ia bekerjasama dengan pembimbingnya, Profesor Slavko Vorkapich di University of Southern California. Dari film itu, Art Clokey dan istrinya, Ruth Clokey, akhirnya menemukan karakter Gumby.
Sejak itu, Gumby bersama kudanya bernama Pokey menjadi sangat populer di televisi Amerika dalam serial TV berjudul Howdy Doody Showdan The Adventures of Gumby.

Arthur "Art" Clokey

Karakter Gumby dan kawan-kawannya pada awal 1980-an dibawakan dan diparodikan aktor Eddy Murphy di sebuah sketsa acara Saturday Night Live.
Film layar lebar pertama Gumby dibuat pada 1990 berjudul Gumby: The Movie. Selain sebagai pencipta karakter Gumby dan pelopor dunia animasi stop motion clay, Clokey juga dikenal karena karya besarnya lewat serial Davey and Goliath,serial yang didanai Gereja Lutherian Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar