Kamis, 27 Oktober 2011

Hari Nasional Blogger Indonesia

 

Selamat Hari Nasional Blogger Indonesia, kepada sahabat-sahabatku pe-blogger seluruh nusantara, saya ucapkan dengan penuh rasa bangga atas hari ini, 27 Oktober 2011.
Sejarah blog menurut Wikipedia Indonesia, adalah seperti di bawah ini :

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Kembali ke Hari Blogger Nasional, awal mulanya adalah 4 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) kala itu, Mohammad Nuh mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Momentumnya dibuat seiring dengan penyelenggaraan Pesta Blogger 2007. Hal itu dicetuskannya saat memberikan sambutan dalam Pesta Blogger 2007 ( PB2007 ), sebuah acara gathering blogger nasional yang diadakan di Blitz Megaplex, Jakarta.[ref]*

Walaupun sebagian banyak artikel dari blog ini, yang masih saya copas dari sahabat blogger, karena menurut saya tulisan sendiri, masih kurang rapi, tata bahasa, dan keruntutannya masih kurang, belajar dari tulisan blogger-blogger lain, saya semakin tahu, ternyata nge-blog sebagai sumber belajar juga, terutama menulis dan menambah wawasan. Mudah-mudahan kedepannya Blogger-Blogger Indonesia akan menjadi lebih baik, dan dapat bermanfaat menyajikan artikel dan berbagi kepada Masyarakat Indonesia ...
Sekali lagi selamat hari Blogger Nasional !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar