Senin, 18 Juni 2012

Google dan Amazon Rebutan Domain Name

Internet Corporation for Assigned Numbers and Names (ICANN) merilis daftar nama-nama generic Top-Level Domain baru yang diajukan ke perusahaan regulator domain internet tersebut.

Dari total sejumlah 1.930 nama yang didaftarkan sebagai domain baru, sebanyak 231 nama diperebutkan oleh lebih dari satu perusahaan,

Google dan Amazon terlihat bersaing memperebutkan 20 nama domain, termasuk di antaranya .app",".game",".play", ".movie, dan ".music". Bersama Symantec, kedua raksasa internet ini juga berebut nama domain ".cloud".

Keseluruhan nama domain yang diajukan google mencapai 101 buah, sementara Amazon mengajukan 76 nama.

Generic Top-Level Domain atau gTLD adalah salah satu domain yang menduduki posisi teratas di hierarki sistem nama domain internet. gTLD bisa dilihat di kata terakhir di alamat sebuah situs, seperti dikutip dari kompas.com.

Pemain-pemain besar Industri IT lainnya tak ketinggalan mengajukan nama yang terkait dengan produk sendiri untuk mempromosikan brand mereka.

Microsoft mengajukan nama-nama TLD seperti .azure, .bing, .docs, .hotmail, .live, .microsoft, .office, .skydrive, .skype, .windows, dan .xbox. Sementara itu, Apple hanya mengajukan nama domain ".apple". Nama .iphone dan .ipad tidak terlihat dalam daftar.

Mulai 12 Juli nanti, nama-nama domain berikut perusahaan yang mengajukan mereka akan dievaluasi oleh panel review independen. Perusahaan-perusahaan yang mengajukan nama domain harus memiliki kemampuan teknis dan finansial untuk menjalankan nama domain yang bersangkutan.

ICANN adalah organisasi non-profit swasta yang bertanggung jawab mengatur alokasi nama domain di internet, juga mengkoordinasi alamat Internet Protocol (IPv4 dan IPv6).

Sampai saat ini terdapat 22 nama domain gTLD, termasuk ".com", ".org", dan ".net".

ICANN membuka pendaftaran untuk nama-nama domain gTLD baru pada 12 Januari 2012. Setelah disetujui, nama-nama domain baru ini rencananya akan mulai aktif pada kuartal pertama 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar