Senin, 16 Juli 2012

Yulanda Rebut Gelar Karate Asia

http://bolehasyik.blogspot.comIndonesia kembali menyabet gelar karate Asia sejak 2004.

Karateka Indonesia, Yulanda Asmuruf, tampil gemilang dengan merebut medali emas kumite kelas -68 kg putri pada Kejuaraan Karate Asia (AKF) di Tashkent, Uzbekistan, Senin 16 Juli 2012.

Prestasi ini menjadi sejarah tersendiri bagi Indonesia yang sudah cukup lama menantikan lahirnya juara Asia dari Indonesia. Pada babak pertama, Yulanda tampil gemilang dengan menundukkan karateka Hong Kong, Chan Hau Yan.

Di babak kedua, Yulanda menghabisi karateka Kazakhstan, Vlada Padmoreva, dengan mudahnya. Yulanda kemudian berhasil merebut tiket final setelah menaklukkan karateka andalan China, Gai Mengmeng pada semifinal. Puncaknya, Yulanda meraih supremasi kelas -68 kg putri Asia dengan menundukkan karateka terbaik Iran, Pegah Zangeneh Karkooti di final.

"Saya senang bisa menjadi juara Asia tahun ini. Dan, saya sangat bersyukur bisa mempersembahkan prestasi terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia," ujar Yulanda yang sebelumnya sukses meraih medali emas SEA Games 2011.

Kemenangan Yulanda itu mendapat sambutan hangat dari Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji. Dia menilai kemenangan Yulanda itu mampu meningkatkan citra bangsa Indonesia di dunia internasional.

"Kemenangan Yulanda sudah dapat diprediksi dengan melihat prestasinya sebelum tampil di kejuaraan ini. Kami juga masih punya peluang medali emas lagi di nomor kata beregu putra yang akan tampil besok (Selasa 17 Juli 2012)," ujar Hendardji.

Hendardji yakin tim karate Indonesia akan mampu meraih minimal dua medali emas pada perhelatan karate terbesar di Asia tersebut. "Dengan prestasi emas, harkat martabat bangsa Indonesia di dunia internasional akan terangkat. Karena itu, saya akan terus mendorong karate Indonesia untuk terus meraih prestasi," tegasnya.

Hendardji pantas bangga dengan sukses Yulanda. Sebab, kali terakhir Indonesia merebut medali emas adalah saat Kejuaraan Karate AKF Taiwan 2004. Ketika itu, Umar Syarief, Telly Melinda, dan Jenny Zeannet tampil gemilang dengan menyumbangkan medali emas.

Namun sejak itu, Indonesia tak lagi menjadi yang terbaik. Termasuk, saat Kejuaraan Karate Asia di Quangzhou, China, tahun lalu, Indonesia hanya mampu merebut lima medali perunggu.


Source: http://sport.news.viva.co.id/news/read/336046-yulanda-rebut-gelar-karate-asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar