Kamis, 26 Juli 2012

Hilal Ramadhan 2012

Hilal Ramadhan 2012 – Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wa barokatuh, apa kabar kawan ku ? apa kabar juga pengunjung setia blog Galeri Info Unik ? semoga tetap dalam perlindungan dan karunia - NYA Aamiin. Tidak terasa jika kita saat ini telah memasuki bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan, bagaimana puasa kawan semua ? semoga masih tetap terjaga dan kokoh menjalaninya.

Pada artikel ataupun postingan di bulan Ramadhan ini, Galeri Info Unik akan mencoba mengangkat sebuah tema yang berjudul Hilal Ramahan 2012 karena kemarin sempat terjadi perbedaan pendapat tentang waktu masuknya bulan Ramahan ini karena Hilal yang nampak hanya pada daerah tertentu saja. Oleh karena itu tentunya kawan pun saat ini sedang mencari sebuah kepastian akan Hilal yang terjadi nanti saat memasuki hari raya Idul Fitri atau bulan Syawal 1433 H.

Sebelum lanjut ke pokok pembahasan kita, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa sih Hilal itu ? dan bagaimana Cara Melihat Hilal Yang Benar ?.
Hilal Ramadhan 2012
Hilal Ramadhan 2012
Menurut beberapa sumber, Hilal adalah penampakan bulan sabit muda pertama yang bisa dilihat pada saat setelah terjadinya sebuah konjungsi ( ijtimak, bulan baru ) pada arah yang dekat dengan matahari terbenam, dan yang menjadi acannya adalah jelas kalender Hijriah atau kalender Islam. Kebiasaan dari kebanyakan orang melihat Hilal adalah pada saat hari ke – 29 dari bulan – bulan Islam yang nantinya hasil melihat hilal tersebut akan menjadi penentu pergantian sebuah bulan – bulan Islam terutama Hilal Ramadhan 2012 ini. Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa hilal adalah bagian dari fase – fase bulan dan fenomena alamiah yang menandakan pergantian bulan bulan Hijriah.

Sedangkan metode untuk melihat Hilal ada dua, yaitu Hilal Rukyah dan Hilal Hisab.kedua metoe itu masih sering dipakai para Ahli Hisab unutk menentukan pergantian bulan. Disini akan saya jelaskan secara singkat mengenai metode Hilal Tersebut. Hilal Rukyah adalah metode melihat Hilal dengan menggunakan jasmaniah. Jasmaniah disini adalah melihat Hilal engan menggunakan mata, tentunya dibantu dengan alat pembantu khusus seperti teropong bintang, dan alat alat bantu lainnya. Sedangkan metode Hilal Hisab adalah metode yang mengunakan perhitungan kalender atau perhitungan matematik astronomi. Metode Hilal ini menggunakan teknologi yang canggih untuk mengetahui kapan bulan baru terbentuk. Bahkan bisa diketahui satu tahun sebelum terjadinya Hilal yang dimaksud.

Pada dasarnya kedua metoe ini sangat berkaitan erat, hanya saja kita belum mengetahui lebih dalam dengan metode ini. Kesimpulannya adalah metode Hilal Rukyah digunakan dadakan ataupun sehari sebelum perkiraan terjadinya Hilal, nah yang menjadi berkaitan adalah jika kita hanya mengetahui metoe Hilal Rukyah saja mungkin kita harus tiap hari memeriksa ke langit apaakah terjadi Hilal atau tidak. Sedangkan dengan metode Hilal Hisab bisa diperkirakan jauh jauh hari sebelum Hilal terjadi. So, kedua metoe ini berhubungan karena dengan metode Hilal Hisab kita bisa memperkirakan terjadinya Hilal dan untuk memastikan terjadinya Hilal maka metode Hilal Rukyah pun digunakan. Untuk penjelasan selengkapnya tentang metode – metode Hilal dan ciri – ciri Hilal akan saya jelaskan pada postingan Cara Melihat Hilal.

Hilal Ramadhan 2012 memang sudah berlalu karena kita sudah memasuki bulan Ramadhan. Yang menjadi persoalan adalah kita harus benar – benar mengisi bulan Ramadhan ini dengan hal – hal positif seperti mengaji, solat, beribadah, dan lain – lain. Dan jangan sampai terkena Judi, minuman keras, dan kawan – kawannya. Karena bulan Ramadhan ini menurut saya adalah sebuah Hosting, karena jika hosting kita kelola dengan baik maka akan memberikan dampak yang baik pula bagi yang menjalankannya, dan jangan lupa juga untuk membeli baju baru di hari Raya Idul Fitri Via Belanja Online maupun offline, tapi kalo memang ga ada dana ya baju lama masih bisa digunakan hehehe.

Okelah kawan, saya cukupkan pembahasan tentang Hilal Ramadhan 2012 ini, kurang lebihnya saya mohon maaf, karena saya yakin pada goresan keyboard diatas masih banyak terselip kesalahan dalam arti dan kata kata. Jangan lupa berkunjung lagi dan like ya.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wa baraokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar