Selasa, 24 Juli 2012

Beberapa makanan yang menyehatkan mata

Serba Serbu: Mata adalah salah satu organ penting pada manusia yang fungsinya untuk melihat. Dengan mata, kita bisa melihat dunia dan beraktivitas dengan baik. Coba kita bayangkan bagaimana jika dalam aktifitas sehari-hari kita kita tidak menggunakan mata, akan sangat sulit bukan?
Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang telah menganugerahkan mata ini kepada kita adalah dengan cara merawatnya dan menjaga kesehatan mata.

Caranya? Tentu saja memberikan nutrisi yang cukup untuk mata. Ada cukup banyak bahan makanan yang bisa kita manfaatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan mata, kami mengumpulkan 10 dan kami rangkum dalam 10 makanan untuk menjaga kesehatan mata. Lebih detailnya silahkan langsung baca pada 10 makanan untuk menjaga kesehatan mata dibawah ini:
1. Wortel
Yang satu ini sudah umum dikenal sebagai makanan yang menyehatkan mata. Kandungan penting yang terdapat pada wortel adalah beta karoten. Didalam tubuh, beta karoten akan dirubah menjadi vitamin A yang akan berguna untuk menjaga kesehatan mata.
2. Bayam
Sayuran hijau yang satu ini banyak dikonsumsi sebagai teman nasi. Bukan tanpa alasan, karena memang sayur bayam mengandung nutrisi seperti lutein,zeaxathin, dan tentu saja vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
3.Telur
Makanan yang dikenal mengandung banyak protein ini ternyata juga mengandung banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan mata. Sebut saja seng,lutein,lecithin,vitamin D, Vitamin A, Vitamin B12, cysteine, dll.
Telur banyak direkomendasikan untuk konsumsi setiap karena kandungan protein yang tinggi, dan tampaknya setelah ini anda akan lebih sering mengkonsumsi telur setelah tahu telur juga memiliki banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan mata.
4. Brokoli
Sayur brokoli mengandung cukup banyak vitamin dan zat gizi yang bisa menjaga kesehatan mata anda. Sebut saja
vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.
Tapi, selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata,brokoli juga berfungsi sebagai antioksidan dan mengkonsumsi brokoli juga bisa mencegah kanker payudara. Jadi tidak heran jika saat ini brokoli sudah menjadi salah satu sayur dalam menu harian secara umum.
5. Kol
Kol memiliki kandungan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata, sama halnya dengan bayam. Namun, sayur ini juga adalah pantangan untuk mereka yang menderita maag karena kandungan gasnya yang tinggi.
6. Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, namun selain itu. Ternyata Tomat juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit.
7. Bawang Putih
Bawang putih adalah makanan yang bermanfaat untuk menegah stroke. Baunya yang tajam terkadang membuat orang enggan untuk memakannya.
Namun tahukah anda bahwa selain bisa mencegah stroke, bawang putih juga mengandung vitamin C dan quercetin yang mana keduanya merupakan nurisi yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan mata anda.
8. Biji Bunga Matahari
Biji yang diidentikkan dengan makanan hamster ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh termasuk juga yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Biji bunga matahari diketahui mengandung selenium yang mana zat ini memiliki manfaat untuk mencegah penyakit katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum.
9. Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki banyak kandungan nutrisi seperti asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A. Yang paling utama dalam ikan ini adalah adanya omega 3 dan tentu saja omega 3 ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
10. Buah Alpukat
Buah yang banyak dikonsumsi sebagai jus alpukat ini terbukti memiliki banyak kandungan nutrisi dan diantara sekian nutrisi yang dikandung alpukat terdapat lutein yang menyehatkan mata. Lutein sendiri adalah zat yang penting untuk mencegah degenerasi macular atau penurunan ketajaman penglihatan, dan katarak.
Selain lutein, alpukat juga mengandung nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar