Minggu, 15 Juli 2012

Survei SMRC: Megawati Capres Paling Populer

http://bolehasyik.blogspot.comMega, JK, dan Prabowo paling populer karena pernah berlaga di Pilpres.
Berdasarkan hasil Survei Nasional yang dilakukan oleh Syaiful Mujani Research and Consulting, Megawati Soekarnoputri menjadi calon Presiden yang saat ini -- saat survei dilakukan -- memiliki popularitas yang paling tinggi.

Survei yang dilakukan oleh SMRC ini mengambil sampel sebanyak 1219, dengan menggunakan metode wawancara lapangan sejak tanggal 20-30 Juni 2012. Berdasarkan jumlah sampel ini diperkirakan margin of error sebesar 3 persen.

"Ada delapan nama tokoh nasional yang dikenal cukup luas, dari 8 nama itu yang paling populer adalah Megawati dengan tingkat popularitasnya mencapai 93,7 persen, kedua adalah Jusuf Kalla sebesar 88,9 persen, dilanjutkan Prabowo sebesar 78,8 persen," ujar CEO SMRC, Grace Natalie, di Hotel Four Season, Jakarta 8 Juli 2012.

"Dilanjutkan dengan Wiranto sebesar 72,8 persen, Aburizal Bakrie 70,1 persen, dan Sultan 58,3 persen," tambah dia. 

Grace mengatakan, alasan Mega, JK, Prabowo mendapat popularitas yang cukup tinggi adalah ketiganya telah menjadi kontestan pada Pilpres sebelumnya. "Megawati dan JK sudah dua kali menjadi capres, ini yang membuat tingkat pengenalan masyarakat begitu tinggi," kata Grace.

Dia mengatakan, dari ketiga nama yang baru saja disebutkan, empat nama yang tidak pernah bersaing dalam pemilihan presiden dan sudah dikenal luas dengan tingkat popularitas di atas 50 persen, ada nama Aburizal Bakrie, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Anas Urbaningrum, dan Hatta Rajasa.

"Dari nama-nama itu, yang sudah menunjukkan keseriusan untuk maju adalah Aburizal, Prabowo dan Hatta Rajasa," kata Grace.

Selain itu Grace juga mengatakan, dari nama- nama populer tersebut, juga muncul beberapa nama baru dalam bursa pencalonan presiden, di antaranya adalah Ani Yudhoyono, Pramono Edhie Wibowo, Dahlan Iskan, dan Mahfud MD yang tingkat popularitasnya masih di bawah 50 persen.

"Ini logis karena mereka tidak pernah bersaing dalam Pilpres, dan tidak melakukan sosialisasi sebagai calon presiden atau hanya menjadi pembicaraan di kalangan terbatas," ujar Grace.

Selain itu SMRC juga melakukan survei terkait dengan kriteria kualitas personal pertama yang harus dimiliki seorang presiden. Dalam survei tersebut, sebanyak 64,3 persen menginginkan sosok seorang presiden yang bisa dipercaya. " Sementara 14,9 persen menginginkan sosok yang tegas." (ren)
-
Source: http://politik.news.viva.co.id/news/read/333710-survei--megawati-capres-paling-populer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar