Sabtu, 21 Juli 2012

PKS, PAN, PPP Konsisten, Fauzi Bowo Bisa Menang

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Siti Zuhro mengatakan peluang pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli untuk menang di putaran kedua, sangat terbuka lebar dengan adanya dukungan dari PKS, PAN, dan PPP.

"Dengan mendapat dukungan dari banyak Parpol, diputaran kedua nanti pasangan Cagub Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli berpeluang besar menjadi pemenang. Sebab dukungan partai-partai itu cukup signifikan terhadap perolehan suara pasangan tersebut, tinggal bagaimana partai-partai ini serius dan konsisten dalam dukungannya," ujarnya, saat dihubungi INILAH.COM, Sabtu (21/7/2012).



Siti melihat karakteristik pemilih PKS adalah pemilih yang rasional dan loyal, namun signifikan. Sementara pemilih PAN adalah rasional, dan PPP memang sudah dekat ke Fauzi Bowo.
Sekarang yang harus fokus dibenahi sebelum pelaksanaan Pemilukada putaran kedua adalah, bagaimana PAN dan PPP, bisa mensolidkan dan konsisten dalam mendukung Fauzi Bowo. Sebab perpecahan dan ketidak konsistenan ini yang menyebabkan tidak maksimalnya dukungan partai kepada pasangan calon nomor urut 1 itu.

"Sekarang situasinya berbeda, hanya tinggal dua pasangan calon yang mengikuti putaran kedua Pilkada, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan Jokowi-Ahok. Dengan komposisi persaingan yang ada sekarang, diprediksi dukungan partai-partai pengusung ini akan maksimal karena pasangan calon lain yang sebelumnya menyebabkan pecah suara kini bisa solid, ditambah adanya pendatang baru PKS," jelasnya.

Para pimpinan partai pendukung juga harus giat memberikan sosialisasi yang terstruktur hingga menyentuh akar rumput. Sosialisasi jangan hanya diberikan pada tingkat pimpinan, karena yang lebih mempengaruhi suara adalah para akar rumput itu sendiri. "Tinggal tergantung dari bagaimana partai bisa berjalan paralel dan mentransfer gagasan ke tingkat grass root tentang cagub yang didukung," tandasnya.

Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar