Senin, 02 Juli 2012

Pengguna Smartphone Lebih Jarang "Ngoceh"



Pengguna smartphone lebih sering menggunakan ponselnya untuk kegiatan selain menelpon. Inikah tanda pergeseran fungsi smartphone?

O2, operator terkemuka di Inggris merilis survei yang menyatakan bahwa smartphone kini banyak digunakan untuk berselancar di internet, mengecek situs jejaring sosial hingga bermain game. Fungsi ponsel utama untuk sekadar "ngoceh" kini sudah mulai bergeser.

Fungsi smartphone kini juga sudah mengganti beragam gadget seperti jam alarm, konsol game dan digital kamera. Beragam perangkat tersebut kini sudah bisa menyatukan fungsinya di smartphone.


phoneuse_2262785b 

Berdasarkan hasil survei tersebut, pengguna smartphone rata-rata menggunakan perangkatnya lebih dari dua jam per hari. Selama waktu tersebut, mereka cenderung menggunakan perangkatnya sehari-hari untuk internet (24 menit 49 detik), social media (17 menit 29 detik), musik (15 menit 38 detik) dan bermain games (14 menit 26 detik).

Sementara untuk menelpon, pengguna smartphone hanya menghabiskan waktu rata-rata 12 menit 6 detik. Sedangkan sisanya untuk mengecek email (11 menit 6 detik), pesan singkat (10 menit 12 detik), menyetel televisi atau film (9 menit 23 detik), membaca buku (9 menit 22 detik) dan memotret (3 menit 28 detik).

Dari hasil survei itu, menggunakan smartphone untuk menelpon hanya memperoleh peringkat kelima, namun masih lebih baik dibandingkan dipergunakan untuk mengecek email dan menulis sms.

Di sisi lain, pengguna juga sudah memanfaatkan perangkat smartphone untuk memotret. Meski kalah jauh dibandingkan fungsi smartphone yang lain, lebih dari 74 persen pengguna memakai kamera smartphone untuk memotret.

"Smartphone saat ini sudah seperti pisau militer yang menggantikan fungsi jam, kamera, buku hingga laptop. Fungsi smartphone kini tidak hanya untuk menelpon, tapi juga bisa berperan di segala aspek kehidupan," kata General Manager of Devices O2 David Johnson.

Selain itu, lebih dari 54 persen pengguna memanfaatkan smartphone bukan untuk jam alarm, sementara sekitar 46 persen menggunakannya untuk menggantikan jamnya.

Hasil survei ini justru lebih maju lagi di Amerika Serikat. Orang-orang sudah mulai mengurangi panggilan telepon di smartphone sejak 2007. Rata-rata lama panggilan telepon juga telah menurun sejak 2005, bahkan hanya sekitar 90 detik.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar