Selasa, 17 Juli 2012

Jamaah An-Nadzir di Sulsel Puasa 19 Juli 2012

http://bolehasyik.blogspot.comGowa Jamaah An-Nadzir di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menetapkan masuknya bulan Ramadan 1433 Hijriyah jatuh pada Kamis, 19 Juli 2012 mendatang. Penentuan ini dilakukan dengan mengamati perpindahan bulan Sya'ban ke Ramadhan dengan mengukur pasang tertinggi air laut,

"Sesuai pengamatan yang kami lakukan, kami yakni perpisahan bulan Sya'ban ke Ramadan terjadi pada rabu besok, 18 Juli, sekitar pukul 09.00 sampai 11.00 Wita, jadi kami akan berpuasa pada Kamis 19 Juli," tutur pimpinan jamaah An-Nadzir, Ustadz Lukman A Bakti saat dikonfirmasidetikcom, Selasa (17/7/2012).

Dalam menentukan masuknya Ramadan, jamaah An-Nadzir menggunakan metode pengamatan perpindahan bulan Sya'ban ke Ramadan dengan melihat tanda-tanda alam. Yakni dengan cara mengukur pasang tertinggi air laut yang diperkirakan akan terjadi Rabu (18/7) besok sekitar pukul 09.00 hingga pukul 11.00 Wita.

Rencananya besok, ratusan anggota jamaah An-Nadzir yang mendirikan perkampungan di lahan seluas 8 hektar ini di kampung Mawang ini, akan melaksanakan puasa sunnah untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

Kaum pria jamaah An-Nadzir identik dengan rambut pirang gondrong dan pakaian hitam. Sedangkan kaum wanitanya, berpakaian jilbab besar disertai cadar. 

Meski tampak berbeda dengan umat Islam lainnya, keberadaan jamaah An-Nadzir sendiri diterima baik oleh masyarakat di Kab. Gowa. Selain di Kab. Gowa, jamaah An-Nadzir juga tersebar di daerah Luwu, Palopo dan Palu.
Source: detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar