Senin, 02 Juli 2012

Hewan2 Unik Sumber Inspirasi Part 4

kaki kanguru menginspirasi pembuatan jumping stiltKanguru atau kangguru adalah hewan mamalia yang memiliki kantung (marsupialia). Hewan ini termasuk hewan khas Australia. Kata kanguru diambil dari bahasa Aborigin gangguru.

Kanguru mempunyai dua kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar didesain untuk meloncat. Kanguru biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Tapi mereka bisa melompat hingga kecepatannya menjadi 70 km/jam. Harapan hidup kanguru sekitar 9-18 tahun. Walau kadang-kadang ada kanguru yang bisa bertahan hidup hingga 28 tahun.



Hewan yang suka melompat ini, kakinya menginspirasi manusia untuk membuat sepatu yang memudahkan kita berjalan sambil melompat tanpa terlalu membebani persendian dan bisa menjadi olahraga extreme.



Biasanya disebut : sepatu kanguru, sepatu lompat, jumping stilt, dll

Jumping stilts, adalah suatu olahraga yang dapat membuat pemainnya melenting dan melakukan berbagai macam trik di udara. Dengan menggunakan alat seperti per di kedua kaki – yang akan melentingkan penggunanya, pemain jumping stilts bisa melenting bebas di udara sambil melakukan beberapa trik atau akrobat yang dapat memacu adrenalin.




Pentelasi sarang rayap menginspirasi pembuatan gedung dengan pendingin alam


Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga "semut putih" (white ant) karena kemiripan perilakunya.


Rayap membuat sarang dari tanah.di dalam sarang inilah rayap berkumpul bersama koloninya.sarang rayap memiliki desain yang menakjubkan ,kelembapan dan suhu udara di dalam sarang rayap tidak terpengaruh oleh kondisi di luar.mereka memiliki sistem penetapan suhu yang cukup kompleks.
Hal inilah yang menginspirasi mick pearce,untuk membuat sebuah pusat perbelanjaan dan kantor yang memiliki mekanisme seperti sarang rayap.




Gedung tersebut bernama Eastgate centre Berlokasi di Harare, Zimbabwe, didesain oleh perusahaan Grup pimpinan Mick Pearce. Desainnya terinspirasi dari ventilasi sarang rayap. Sarang Rayap memiliki suhu tepat 30,5°C sepanjang hari walaupun suhu berkisar dari 1°C pada malam hari dan 40°C pada siang hari.





Eastgate centre merupakan pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran di pusat kota Harare, Zimbabwe yang dibuat oleh arsitek Mick Pearce. Dirancang dengan ventilasi rumah rayap dan didinginkan dengan cara yang sama sekali alami,ini mungkin bangunan pertama di dunia yang menggunakan tingkat kecanggihan pendingin alami.Gedung ini Dibuka pada tahun 1996 oleh Robert Mugabe Avenue di Second Street, gedung ini menyediakan 5.600 m² ruang ritel, 26.000 m² ruang kantor dan parkir untuk 450 mobil.

Berikut ini gedungnya gan





Modern tetapi menggunakan solusi tradisional,Hemat energi pula..harus ditiru nih gan

source: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15051509

Tidak ada komentar:

Posting Komentar