Jumat, 28 September 2012

Cara Bikin Radio Tanpa Listrik Menggunakan Botol

Dengan kreatifitas, sebuah radio ternyata bisa diciptakan dari sebuah botol bekas. Tidak percaya? video yang satu ini mungkin bisa membuktikannya.

Seperti yang dikutip dari laman MakeProject.com, video yang berjudul 'Weekend Project - Bottle Radio', menunjukkan proses mudah membuat radio kristal dengan hanya menggunakan beberapa peralatan sederhana dan sebuah botol bekas. Yang paling hebat, radio kristal ini nantinya tidak memerlukan tenaga listrik.

Untuk membuat proyek radio ini, Anda membutuhkan beberapa bahan yang diperlukan. Mulai dari botol beling sebagai bahan utama, kayu papan sebagai alas atau pembatas serta beberapa bahan dasar lain untuk membuat radio, seperti kawat magnet, mini amplifier, gantungan pakaian besi atau earphone kristal.

Jika kesulitan, mungkin Anda bisa melih at bahan yang diperlukan lewat foto di bawah ini.

Cara Bikin Radio Tanpa Listrik Menggunakan Botol

Nah, jika seluruh bahan yang diperlukan sudah terkumpul, maka proses pembuatan radio sudah bisa dimulai. Setidaknya ada 5 proses utama untuk membuat radio hemat energi ini. Proses pertama adalah menggulung kabel magnet ke botol. Selanjutnya diteruskan dengan membangun receiver atau penerima.

Proses ketiga adalah menciptakan antena. Dalam tutorial, hal yang perlu diperhatikan untuk membangun antena ini adalah koneksi yang bagus di darat dan antena yang kuta menerima pancaran gelombang radio.

Anda masih penasaran? Cek videonya di bawah ini.


Dan jika masih kurang jelas, Anda bisa melihat tutorial detilnya di situsnya.

source: lastmanstanding.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar