Inilah 10 Konsep Desain Kapal yang akan digunakan untuk masa yang akan datang. Jika kebanyakan kapal menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya, kapal di sini hanya memakai energi dari sumber daya alam yang berlimpah yang tidak akan habis dan pastinya ramah lingkungan serta ukurannya yang super langsung Cekidot yuk..!
1. Maersk’s Triple E-Vessels
Ketika Kapal Maersk’s Triple E-Vessels diproduksi dan dipasarkan di dunia, maka kapal ini akan menjadi kapal kontainer terbesar di dunia, yang menggunakan teknologi ramah lingkungan terbaik dengan ukuran yang super besar. Kapal raksasa ramah lingkungan ini diyakini akan merevolusi industri perkapalan, terutama kapal barang / kapal kargo.
2. NYK’s Eco Ship 2030
Kapal NYK Eco 2030 adalah sebuah konsep kapal yang berani, karena semua aspek atau bagian-bagian kapal pada biasanya akan diperbarui. Kapal ini menggunakan sumber energinya untuk bergerak yang berasal dari tenaga sel surya dan tenaga angin yaitu dengan menambahkan layar di kapal tersebut.
3. STX Europe’s Eoseas
Kapal STX Europe Eoseas adalah kapal pesiar yang desainnya dibuat oleh STX Europe. Kapal ini akan menggunakan LNG-Diesel, Solar, dan energi angin untuk mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar. Sumber energi yang digunakan kapal ini telah membuat penghematan bahan bakar minyak sebesar 50%.
4. Eco Marine Power’s Wind-Solar Ship
Proyek Eco Marine Power’s Wind-Solar Ship telah dimuat dalam berita akhir-akhir ini. Kapal ini adalah kapal pertama yang menggunakan layar kaku dengan sel surya fotovoltaik yang juga untuk memanfaatkan energi matahari sebagi sumber energi kapal ini selain angin. Kapal laut ramah lingkungan dipastikan akan menjadi salah satu kapal masa depan yang paling menjanjikan.
5. Shell’s FLNG
FLNG adalah singkatan dari Floating Liquefied Natural Gas (Gas Alam Cair Terapung) yang berarti sebuah bangunan yang menampung gas alam cair di lautan. Shell akan membangun dan mengembangkan fasilitas gas alam cair terapung ini yang kemungkinan akan selesai pada tahun 2017 mendatang. Hal ini akan menjadi yang pertama kalinya di dunia FLNG dan akan menjadi bangunan terapung yang terbesar dalam sejarah. Meskipun secara teknis Shell FLNG bukan kapal, namun bangunan terapung ini sangatlah penting mengingat minimnya lahan untuk tempat penyimpanan gas alam secara besar di daratan.
6. Kawasaki Kisen’s Futuristic Car Carrier
Kapal ini adalah kapal kargo pengangkut mobil yang unik baik berupa desainnya maupun teknologi ramah lingkungannya. Pembuatan kapal ini bertujuan untuk memotong emisi gas karbon sebesar 40% dan mampu digunakan untuk membawa 2.000 buah mobil.
7. DNV’s Ecore
Sebuah konsep yang diluncurkan bersama oleh FKAB, TGE Marine, Cargotec, and MAN Diesel & Turbo (DNV), Ecore adalah Very Large Ore Carrier (VLOC) atau artinya adalah pembawa bijih yang sangat besar yang tidak hanya akan menurunkan biaya bahan bakar dan emisi tetapi juga meningkatkan efisiensi muatan.
8. Wallenius Wilhelmsen Logistics’ E/S Orcelle
Wallenius Wilhelmsen Logistics’ E/S Orcelle adalah konsep kapal pertama di dunia yang sama sekali tidak mengeluarkan emisi gas karbon atau NOL EMISI! WoooW! Kapal E/S Orcelle masih dalam tahap pengembangan bersama konsep kapal Wallenius Wilhelmsen yang lainnya. Kapal ini kemungkinan akan dibangun dan dioperasikan kira-kira 20 tahun mendatang atau pada tahun 2020-an. Kapal ini diyakini akan menyingkirkan kapal kapal beremisi tinggi dengan teknologi energi sumber daya alam terbarukan yang dimiliki kapal ini.
9. DNV’s Triality
DNV’s Triality adalah kapal ramah lingkungan Very Large Crude Carrier (VLCC) atau artinya adalah pembawa minyak mentah paling besar. Kapal ini nantinya akan mengeluarkan 34% lebih sedikit karbon diokasida. Konsep Kapal DNV Triality akan menggunakan mesin bakar ganda berkecepatan lambat dan tidak memerlukan air sebagai pemberat.
10. Sauter Carbon Offset Design (SCOD)’s Green Tanker
Sauter Carbon Offset Design Green Tanker adalah konsep kapal tanker yang unik dan bertujuan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya hingga 75%! WoooW! Kapal kargo ini akan memanfaatkan Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair, layar, dan energi surya sebagai sumber bahan bakar. Kapal ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam hal efisiensi biaya dan utilitas.
source:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12540432
http://www.marineinsight.com/sports-luxury/cruise-industry/futuristic-shipping
1. Maersk’s Triple E-Vessels
Ketika Kapal Maersk’s Triple E-Vessels diproduksi dan dipasarkan di dunia, maka kapal ini akan menjadi kapal kontainer terbesar di dunia, yang menggunakan teknologi ramah lingkungan terbaik dengan ukuran yang super besar. Kapal raksasa ramah lingkungan ini diyakini akan merevolusi industri perkapalan, terutama kapal barang / kapal kargo.
2. NYK’s Eco Ship 2030
Kapal NYK Eco 2030 adalah sebuah konsep kapal yang berani, karena semua aspek atau bagian-bagian kapal pada biasanya akan diperbarui. Kapal ini menggunakan sumber energinya untuk bergerak yang berasal dari tenaga sel surya dan tenaga angin yaitu dengan menambahkan layar di kapal tersebut.
3. STX Europe’s Eoseas
Kapal STX Europe Eoseas adalah kapal pesiar yang desainnya dibuat oleh STX Europe. Kapal ini akan menggunakan LNG-Diesel, Solar, dan energi angin untuk mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar. Sumber energi yang digunakan kapal ini telah membuat penghematan bahan bakar minyak sebesar 50%.
4. Eco Marine Power’s Wind-Solar Ship
Proyek Eco Marine Power’s Wind-Solar Ship telah dimuat dalam berita akhir-akhir ini. Kapal ini adalah kapal pertama yang menggunakan layar kaku dengan sel surya fotovoltaik yang juga untuk memanfaatkan energi matahari sebagi sumber energi kapal ini selain angin. Kapal laut ramah lingkungan dipastikan akan menjadi salah satu kapal masa depan yang paling menjanjikan.
5. Shell’s FLNG
FLNG adalah singkatan dari Floating Liquefied Natural Gas (Gas Alam Cair Terapung) yang berarti sebuah bangunan yang menampung gas alam cair di lautan. Shell akan membangun dan mengembangkan fasilitas gas alam cair terapung ini yang kemungkinan akan selesai pada tahun 2017 mendatang. Hal ini akan menjadi yang pertama kalinya di dunia FLNG dan akan menjadi bangunan terapung yang terbesar dalam sejarah. Meskipun secara teknis Shell FLNG bukan kapal, namun bangunan terapung ini sangatlah penting mengingat minimnya lahan untuk tempat penyimpanan gas alam secara besar di daratan.
6. Kawasaki Kisen’s Futuristic Car Carrier
Kapal ini adalah kapal kargo pengangkut mobil yang unik baik berupa desainnya maupun teknologi ramah lingkungannya. Pembuatan kapal ini bertujuan untuk memotong emisi gas karbon sebesar 40% dan mampu digunakan untuk membawa 2.000 buah mobil.
7. DNV’s Ecore
Sebuah konsep yang diluncurkan bersama oleh FKAB, TGE Marine, Cargotec, and MAN Diesel & Turbo (DNV), Ecore adalah Very Large Ore Carrier (VLOC) atau artinya adalah pembawa bijih yang sangat besar yang tidak hanya akan menurunkan biaya bahan bakar dan emisi tetapi juga meningkatkan efisiensi muatan.
8. Wallenius Wilhelmsen Logistics’ E/S Orcelle
Wallenius Wilhelmsen Logistics’ E/S Orcelle adalah konsep kapal pertama di dunia yang sama sekali tidak mengeluarkan emisi gas karbon atau NOL EMISI! WoooW! Kapal E/S Orcelle masih dalam tahap pengembangan bersama konsep kapal Wallenius Wilhelmsen yang lainnya. Kapal ini kemungkinan akan dibangun dan dioperasikan kira-kira 20 tahun mendatang atau pada tahun 2020-an. Kapal ini diyakini akan menyingkirkan kapal kapal beremisi tinggi dengan teknologi energi sumber daya alam terbarukan yang dimiliki kapal ini.
9. DNV’s Triality
DNV’s Triality adalah kapal ramah lingkungan Very Large Crude Carrier (VLCC) atau artinya adalah pembawa minyak mentah paling besar. Kapal ini nantinya akan mengeluarkan 34% lebih sedikit karbon diokasida. Konsep Kapal DNV Triality akan menggunakan mesin bakar ganda berkecepatan lambat dan tidak memerlukan air sebagai pemberat.
10. Sauter Carbon Offset Design (SCOD)’s Green Tanker
Sauter Carbon Offset Design Green Tanker adalah konsep kapal tanker yang unik dan bertujuan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang berbahaya hingga 75%! WoooW! Kapal kargo ini akan memanfaatkan Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair, layar, dan energi surya sebagai sumber bahan bakar. Kapal ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam hal efisiensi biaya dan utilitas.
source:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12540432
http://www.marineinsight.com/sports-luxury/cruise-industry/futuristic-shipping
Tidak ada komentar:
Posting Komentar