Senin, 12 Maret 2012

7 Syarat Capres Indonesia

Mantan menteri Pendayaagunaan BUMN Tanri Abeng berpendapat, ada tujuh syarat utama yang dibutuhkan dari calon presiden Indonesia yaitu bersih, cerdas, kompeten, komunikatif, berani, berkomitmen, dan peduli.
“Permasalahan bangsa saat ini tergantung pada siapa yang bertanggung jawab yaitu eksekutif selaku pemimpin bangsa, untuk itu dibutuhkan pemimpin dengan syarat seperti itu,” kata Tanri di Jakarta, Selasa 13 Maret 2012.
Tanri mengatakan jika syarat itu dirangkum dalam bahasa Inggris maka akan menjadi “7C” yaitu “clean, clever, competent, communicative, courageous, commited, and care.” “Cerdas tidak selalu bisa diandalkan, artinya kompetensi tersebut harus terukur melalui pengalaman dan keahlian yang dimiliki,” kata mantan presiden direktu sejumlah perusahaan swasata itu.
Menurut Tanri, keberanian serta ketegasan seorang pemimpin (”courage”) dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan yang sulit, sehingga hal itu akan sejalan dengan komitmen pribadi yang telah dibuat pemimpin bangsa.
Selain itu, Tanri mengatakan tentunya pemimpin yang baik adalah yang peduli dan peka terhadap rakyatnya, sehingga mampu menempatkan diri dalam berbagai persoalan yang juga dirasakan rakyat. “Namun sayangnya saat ini sulit sekali mencari figur seperti itu,” katanya.
Tanri juga mendukung upaya reformasi birokrasi yang tengah dilakukan di semua lini pemerintahan karena perampingan organisasi pemerintahan dinilai akan meningkatkan produktifitas dan juga memberikan dampak positif terhadap pembelanjaan negara di sektor belanja pegawai.
“Dulu waktu saya membentuk kementerian BUMN hanya mulai dengan 200 orang, sekarang satu Direktorat Jenderal saja bisa melampaui 200 orang jumlah karyawannya,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar