Sabtu, 17 Desember 2011

Anak Anjing Laut Ini Berkelana Jauh dari Pantai, Menyelinap ke Rumah dan Meringkuk di Sofa

Seekor anak anjing laut berkeliaran sendiri jauh dari habitatnya di pantai lalu menyelinpap lewat pintu kucing sebuah rumah di Bay of Plenty, Selandia Baru. Ia pun meringkuk nyaman di sofa seperti di rumahnya sendiri.

Si pemilik rumah yang takjub, Annette Swoffer awalnya mengira ia berhalusinasi ketika melihat bayi anjing laut itu tengah bermain bersama kucingnya di dapurnya, pada Sabtu Malam, seperti dilaporkan oleh NZ Herald (13/12).

Bayi anjing laut itu menempuh perjalanan dari kawasan pinggir laut Welcome Bay, lewat area perumahan sub urban, menyeberangi jalan Welcome Bay Rd yang terkenal sibuk, berjalan sepanjang rute menuju rumah Swoffer, melintasi pintu gerbang, menyelinap ke pintu kucing, naik tangga sebelum akhirnya ditemukan di dapur pada pukul 9.30 malam.

"Saya sedang di kantor (bagian atas rumah) dan saya mendengar suara berisik hewan di bawah. Saya pikir kucing-kucing telah membawa kelinci atau sesuatu ke dalam rumah, jadi saya turun ke bawah dan melihat adalah anak anjing laut di dapur saya," tuturnya.

"Saya pikir 'Saya pasti berhalusinasi, ini pasti salah'.". Swoffer yang masih setengah tak percaya lantas menelpon temannya yang tinggal di kompleks yang sama untuk datang dan memastikan apa yang ia lihat. "Saya melihat dan saya pastikan itu adalah sirip bukan tapak kaki."

Dengan tenang si bayi anjing laut itu mudah saja lewat di depat anjing dan kucing Swoffer sebelum melingkar di atas sofa mencoba meringkuk tidur ketika malam.

"Lalu ia melihat saya dengan mata coklatnya yang besar. Sungguh lucu, namun saya tak menyentuhnya karena itu tak akan anda lakukan dengan binatang liar."

Swoffler pun menghubungi SPCA. "Mereka tertawa geli, saya berkata, 'Saya tak mabuk, tidak berbohong ada anjing laut di rumah saya."

SPCA lalu mengontak Departemen Konservasi (DOC), yang tengah mencari seekor anak anjing laut dilaporkan melompat-lompat di sepanjang Jalan Raya Welcome Bay.

Swoffer menuturkan bayi anjing laut itu 'benar-benar bersahabat' dan tidak agresif sedikit pun--sesuatu yang tak biasa bagi para anjing laut.

"Saya berdiri melihatnya dan berpikir ini sungguh aneh," kata Swoffer.

Datanglah manajer program biodiversity, Chris Clark dari DOC ke kediaman Swoffer. Ia mengambil dan memindahkan bayi anjing laut itu dan melepaskan kembali ke air. Ini bukan kali pertama ia melakukan itu.

Clark baru saja menghabiskan sesiangan menangkap hewan yang ia percayai bayi anjing laut yang sama setelah ditangkap lewat Jalan Devonport. Masalahnya si bayi anjing laut sempat berkeliaran di taman perumahan membuat takut warga manula.

Ia meyakini bayi anjing laut itu telah mandiri dari induknya. Clark mengatakan meski anjing laut dapat terlihat jinak dan lucu, mereka adalah hewan liar dan perlu diperlakukan seperti layaknya hewan liar.

sumber : republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar