Senin, 27 Agustus 2012

Cara Menyegarkan Tubuh Tanpa AC

Zaman sekarang, cuaca sering tidak menentu sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam istirahat/aktifitas. namun, cuaca panas tak menjadi masalah besar karena ada AC (Air Conditioner) untuk mendinginkan ruangan. Akan tetapi, AC juga membawa beberapa dampak buruk bagi kulit dan kesehatan kita. Oleh karena itu, jika tidak terpaksa sebaiknya Anda coba beberapa cara untuk mendinginkan diri saat cuaca panas berikut, sebelum menyalakan AC.
1. Tutup Jendela
Bagai tindakan refleks, Anda akan membuka jendela ketika udara di dalam rumah panas untuk mendapatkan semilir angin. Akan tetapi, tindakan tersebut justru menambah panas suhu ruangan. Sebaiknya, Anda membuka jendela pada sore atau malam hari saat cuaca di luar lebih dingin sehingga udara akan mengalir masuk. Selain itu, ada baiknya Anda meletakkan pot-pot tanaman hijau di dekat jendela pada siang hari untuk membantu menyerap panas.
2. Gunakan Kipas Angin Secara Maksimal
Jika Anda menggunakan kipas angin berdiri, coba semprotkan air di depannya. Dengan demikian, suhu ruangan akan berubah dan menggusur udara panas dari tubuh. Jika Anda menggunakan ceiling fan, matikan saat meninggalkan ruangan karena kipas angin hanya berfungsi untuk manusia bukan ruangan.
3. Makan Es
Makanan bersuhu dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh saat udara panas. Selain es, konsumsi buah-buahan mengandung banyak air, seperti semangka, juga bisa membantu.
4. Matikan Lampu
Lampu mengeluarkan panas yang dapat menambah panas suhu ruangan. Jadi, sebaiknya Anda mematikan lampu di siang hari dan manfaatkan cahaya alami dari luar. Demikian juga dengan alat-alat elektronik lainnya, cabut dari listrik karena alat elektronik dalam keadaan stanby tetap mengeluarkan panas.
5. Mandi
Sebenarnya, cara paling mudah menurunkan suhu tubuh adalah mandi. Jika Anda sudah tidak tahan dengan cuaca panas di ruangan rumah, mandi air dingin akan membantu membawa kesejukan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar