Senin, 06 Agustus 2012

Busana Transparan Bikin Gempar

http://bolehasyik.blogspot.com
Foto seorang perempuan yang hendak menumpang kereta api bawah tanah atau subway Shanghai’s Number 2 di China bikin gempar warga internet di China baru-baru ini.
Pasalnya, menurut laman weirdasianews.com,  wanita itu mengenakan busana yang memancing syahwat para pria. Dalam foto yang diunduh di situs microblogging Weibo di China, seorang penumpang subway berjenis kelamin perempuan mengenakan busana sangat tipis dan tembus pandang.
Seluruh tubuh perempuan kurus ini tergambar dengan jelas melalui pakaian tembus pandang warna hitam yang dikenakannya. Layaknya hendak bepergian, perempuan berambut seleher itu mengenakan busana dalam berwarna hitam.
Dia juga mengenakan sepatu berhak tinggi, dan menenteng tas. Sontak foto perempuan yang berada di stasiun subway itu mengundang komentar orang-orang di internet.
Seseorang menulis, “Jika itu yang Anda kenakan di kereta bawah tanah, maka tidak heran Anda mengalami pelecehan seksual! Terlalu banyak kejahatan yang terjadi setiap hari saat naik kereta. Hai girl! Anda harus menghormati diri sendiri.”
Komentar lain berbunyi: “Bahkan jika memakai bikini, dia masih bebas dari pelecehan seksual. Apa yang salah dengan jalur kereta api bawah tanah?”
“Ini menjijikkan mendengar ini dari Weibo, resmi! Bagaimana tidak bajunya membikin dia pantas mengalami pelecehan seksual,” bunyi komentar lain.
Organisasi non-pemerintah di China Women’s Voice yang bergerak di bidang advokasi perempuan pun mengeluarkan komentar atas foto provokatif itu.
“Pelecehan seksual adalah kejahatan! Pihak pengelola jalur kereta bawah tanah harus berusaha lebih keras untuk keselamatan penumpang. Bukannya mencari-cari alasan untuk menyalahkan korban.”
Cerita foto mengundang nafsu itu tak berhenti di situ saja. Beberapa hari kemudian 2 perempuan melakukan demo damai di stasiun subway. Mereka mengenakan kerudung hitam dan memegang karton bertuliskan: “Aku ingin kesejukan di bawah matahari, bukan pencabulan di kereta bawah tanah.”
Namun, aksi 2 wanita ini malah memanaskan situasi. Warga internet Weibo pun berkomentar: “Saya pikir justru perempuan itu yang melecehkan pria di stasiun kereta. Jangan jadikan cuaca panas sebagai alasan memakai busana provokatif. Anda harus menghargai diri Anda.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar