Rabu, 07 September 2011

Cipularang Rawan Gempa, Bukan Wilayah Angker

Kecelakaan nahas yang menewaskan Virginia Angraeni istri, artis saipul Jamil telah menyedot perhatian masyarakat.

Banyak berkembang isu penyebab kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang dikarenakan hal-hal mistis. Namun Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief mempunyai pendapat sendiri.

Andi arief mengungkapkan, bahwa penyebab seringnya kecelakaan di ruas tol tersebut karena adanya lempeng aktif yang senantiasa menyebabkan gempa.


"Para peneliti kita sudah mampu mengungkap aktifnya patahan yang diantaranya ada di Cipularang," kata Andi Arief dalam siaran pers kepada INILAH.COM, Rabu (7/9/2011).

Andi mengungkapka adanya beberapa sesar aktif yang menjadi penyebab gempa di Jawa Barat, hasil penelitian para ahli bumi.

Pertama Sesar Lembang adalah sesar yg melintang membelah daerah Maribaya sampai Cisarua, merupakan salah satu sesar aktif yang ada di pulau jawa yang di duga terbentuk akibat letusan gunung sunda purba.

Selain itu ada juga Sesar Cimandiri yang berada di daerah Sukabumi Selatan, yang memanjang dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cianjur sampai Padalarang. ‎

Selain dua sesar tersebut, ada satu lagi di bagian paling timur Jabar, yaitu sesar Baribis melintasi Subang hingga Majalengka. Menurut Andi Arief, Sesar Lembang adalah sesar paling aktif.

"Para peneliti kita sudah mampu mengungkap aktifnya patahan yang diantaranya ada di Cipularang. Penyelesaian ini akan sangat bermanfaat bukan hanya pada syaiful Jamil, tapi untuk warga masyarakat," tandas Andi Arief.

sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/1771948/cipularang-rawan-gempa-bukan-wilayah-angker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar