Jumat, 30 September 2011

Orang Lebih Bahagia Saat Pagi Hari

Masa-masa paling membahagiakan dari orang-orang di seluruh dunia adalah di pagi hari, ungkap sebuah studi terbaru.

Seperti yang dikutip dari Terra.net, Jumat (30/9/2011), orang-orang di seluruh dunia cenderung lebih bahagia di pagi hari, ungkap penelitian pihak Cornell University, New York, Amerika Serikat (AS), berdasarkan pada jutaan tweet dari situs layanan mikroblogging Twitter.

Para sosiolog di Cornell University menggunakan software bahasa untuk mndeteksi kehadiran kata-kata positif dalam 509 juta tweet dari 2,4 juta pengguna di 84 bahasa dunia, dalam penelitian selama dua tahun.

Berdasarkan penelitian tersebut, terdeteksi bahwa orang-orang cenderung lebih bahagia di pagi hari, dengan men-tweet banyak pesan positif di pagi hari.

"Sementara pesan-pesan negatif (rasa takut, bersalah, jijik dan lain-lain) lebih banyak dikirimkan pada malam hari," ujar penelitian tersebut.

Sementara pesan-pesan positif di pagi hari lebih banyak diposting pada hari Sabtu dan Minggu," tambahnya.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Cornell University tersebut juga beberapa agama cenderung berbeda dalam 'merayakan hari' di Twitter, contohnya umat Muslim yang lebih banyak mengirimkan pesan-pesan positif di Twitter pada hari Jumat.

Sayangnya di penelitian ini hanya tweet berbahasa Inggris saja yang diteliti, meski tweet-tweet tersebut datang dari berbagai belahan dunia.

Dikutip dari : Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar