Kamis, 16 Juni 2011

"Facebooker" Juga Punya Kehidupan Nyata

Kebalikan dengan pendapat yang umum, para pengguna jejaring sosial sebenarnya juga memiliki kehidupan nyata.

Berdasarkan jajak pendapat yang dipublikasikan Kamis ini oleh Pew Research Center's Internet & American Life Project, dan dikutip Reuters, para pengguna Facebook lebih bisa dipercaya, memiliki lebih banyak teman dekat dan lebih terlibat secara politik.

Survei itu melibatkan 2.255 orang dewasa Amerika. Hasil survei menemukan bahwa anggota Facebook yang sering menggunakan situs itu per hari atau lebih dari tiga kali lipat, punya kecenderungan untuk merasa bahwa kebanyakan orang bisa dipercaya, daripada mereka yang bukan pengguna internet.


Orang yang menggunakan Facebook berkali-kali per hari, rata-rata sembilan persen lebih dekat dan lebih terikat ke dalam keseluruhan jejaring sosial daripada para pengguna internet lain.       

Para pengguna Facebook dua setengah kali lebih cenderung untuk mengikuti demonstrasi atau pertemuan politik daripada pengguna internet lain dan para pengguna jejaring sosial lain.       

"Ada kesepakatan besar tentang spekulasi mengenai dampak situs jejaring sosial yang digunakan dalam kehidupan sosial orang," kata Keith Hampton, penyusun laporan Pew Internet.

"Kebanyakan dari itu memusatkan perhatian pada kemungkinan bahwa situs-situs itu merusak hubungan pengguna dan memaksa mereka jauh terlibat di dunia," kata Hampton, sisten profesor pada Fakultas Komunikasi (Annenberg School for Communication), Universitas Pennsylvania.

"Kami menemukan kebalikan bahwa orang yang menggunakan situs seperti Facebook sebenarnya memiliki hubungan lebih dekat dan lebih cenderung terlibat dalam aktivitas sipil dan politik," kata dia.

Empat puluh dua persen dari penduduk dewasa Amerika menggunakan situs jejaring sosial sampai 26 persen pada 2008, dan rata-rata usia pengguna dewasa sudah berubah dari 33 pada 2008 menjadi 38 pada 2010.       

Facebook, yang memiliki pengguna hampir 700 juta di seluruh dunia dan hampir 160 juta di Amerika Serikat, adalah jejaring sosial terpopuler yang pernah disurvei dan satu-satunya yang paling berikatan.

Sembilan puluh dua persen partisipan ada di Facebook, 29 persen di Myspace, 18 persen di LinkedIn dan 13 persen menggunakan Twitter.

Lima puluh dua persen pengguna Facebook dan 33 persen pengguna Twitter terlibat dalam situs itu setiap hari dibandingkan dengan hanya tujuh persen pengguna Myspace dan hanya enam persen pengguna LinkedIn.    

Rata-rata pengguna Facebook dalam sampel memiliki 229 teman Facebook dengan 22 persen teman dari SMA, 12 persen keluarga besar, 10 persen rekan kerja, sembilan persen teman kuliah, delapan persen keluarga dekat, tujuh persen dari kelompok sukarela dan dua persen tetangga.        

Tiga puluh satu persen teman Facebook tidak bisa digolongkan. Hanya tiga persen teman Facebook merupakan pengguna yang belum pernah bertemu secara langsung.       

Rata-rata pengguna Facebook dewasa berusia 38 tahun, rata-rata pengguna Myspace berusia 32 tahun, rata-rata pengguna LinkedIn berusia 40 tahun dan rata-rata pengguna Twitter berusia 33 tahun.        

Dari segi aktivitasnya  di Facebook, dalam hitungan rata-rata per hari, 15 persen pengguna Facebook memperbarui status mereka sendiri, 22 persen mengomentari "posting" atau status orang lain, 20 persen mengomentari foto pengguna lain, 26 persen menyukai konten pengguna lain dan 10 persen mengirim pesan pribadi pada seorang teman.
       
Kebanyakan orang memperbarui status mereka kurang dari sekali per minggu dan 16 persen tidak pernah memperbarui status mereka. Survei itu dilakukan antara 20 Oktober dan 28 November dan memiliki margin of error plus atau minus tiga persen.

sumber: antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar