Selasa, 28 Juni 2011

Seberapa Cepatkah Page Loading anda? Seberapa pentingnya kah itu untuk SEO Google?

Tahukah anda,bahwa kecepatan loading page halaman blog,yang sudah merupakan kriteria bagi Google Spider dalam menjelajahi halaman situs anda. Semua orang sudah tahu. Semakin cepat loading page blog anda,semakin baik ranking blog anda di mata Google (yaitu di Search Result).

Ini telah dibuktikan beberapa waktu yang lalu,ketika Google telah mengumumkan bahwa Ia telah menambahkan "Site Speed" pada Google Analytic result. Site speed pada Google Analytic tersebut akan mengukur dan mencatat berapa kecepatan yang dicapai blog atau website anda ketika seseorang membuka halaman web / blog anda.

Tapi,kenapa Load-time speed sangat penting?
Kita tahu bahwa blog-blog atau website yang sangat cantik dengan desain pernak pernik yang indah seperti Blog flash,blog gambar dan blog video memiliki loading page yang lambat. Pada sisi lain,blog yang hanya menyuguhkan artikel-artikel dengan sedikit gambar/animasi bahkan tidak ada gambarnya,loading page (load-speed) nya akan sangat cepat. wushh wushh wushh. Tapi blog seperti itu akan terlihat sangat membosankan. Benarkan?

Dengan semakin majunya teknologi internet koneksi yang sudah merambah hampir disemua wilayah termasuk pedesaan,pengguna internet pun semakin bertambah. Dan kecepatan koneksinya berbeda-beda. Jika blog anda cantik dan kaya kontent ,mungkin akan banyak pengunjung anda dari orang-orang yang berlangganan internet cepat layaknya Speedy. Tapi koneksi internet di Indonesia tidak seperti diluar negeri layaknya Jepang / Amerika dan negara lain. Masih banyak para netter yang koneksinya pas-pasan (seperti penulis sendiri :) ) Jika Loading blog anda lama alias Lola ,sebelum loading selesai,kemungkinan besar sudah di Close halaman blog anda!! Dan tidak akan dibuka lagi. Percayalah.

Berdasarkan penelitian Pearl Analytic tahun 2007 kemarin , menganalisa tentang pengaruh kecepatan speed-load terhadap penurunan traffic blog. Hasilnya cukup mengejutkan. Untuk setiap detik blog anda loadingnya lambat,anda kehilangan 1% traffic blog. Jadi jika anda menggunakan FLASH yang memakan waktu 20 detik,maka anda akan kehilangan 20% dari visitor anda sebelum mereka melihat halaman Blog anda. Pada angka normal,kehilangan 20% visitor adalah ancaman yang tidak bisa dianggap remeh. Itu angka yang BESAR !!

Jadi,rekomendasi dari penulis kali ini optimasikanlah speed load blog anda disamping Optimasi SEO dan yang lainnya. Anda tidak bisa meremehkan tentang Page Speed Loading blog anda terhadap kemajuan Blog anda. Jadikan speed loading blog anda secepat mungkin yang anda bisa untuk meningkatkan pageview,traffic,dan sale yang konsequent.Untuk mengecek speed loading blog berdasarkan koneksi dan size blog anda sekarang ,silahkan masuk pada posting sebelumnya (Baca : Cek berat Blog untuk optimasi Keyword?)

Selamat optimasi Speed Loading blog anda ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar