Kamis, 30 Juni 2011

Google Hapus Blog .Co.Cc Karena Google Update Algoritma Panda??

Akhirnya hal yang saya khawatirkan menjadi kenyataan!! Blog dengan domain .co.cc hilang dari hasil pencarian Google. Hot news ini khusus teman-teman Blogger terutama yang memakai domain gratis .co.cc . 30 Juni 2011,Google telah menghapus semua blog dengan domain .co.cc serentak. Sehingga blog anda yang menggunakan domain .co.cc tidak akan terindeks sama sekali di Google Pencarian. Ada yang bilang telah di deindex dan ada juga yang bilang terkena Sandbox. Dari berbagai sumber blog luar negeri,saya menemukan alasan kenapa Google melakukan hal yang tidak menyenangkan ini.


Sejak Update pagerank 28 Juni 2011 kemarin,ada banyak perubahan yang dilakukan Google untuk memaksimalkan performanya. Termasuk update Pagerank. Banyak blog yang pageranknya ditendang oleh Google sampai ke posisi nol bahkan N/A (termasuk Blognya Kang Rohman juga ditendang turun) dan juga Update algoritma Google Panda !! (Baca: Apa itu Google Panda? Dan apa Efeknya?) Di posting itu sudah saya paparkan tentang Google Panda dengan referensi Bloger luar negeri terpercaya. Ternyata perkiraan saya tentang Google Panda salah besar!!. Efek Google Panda lebih GANAS dari kelihatannya. Bahkan sampai menghapus domain .co.cc dari hasil pencariannya.


Kekecewaan Blogger
Sungguh kecewa. Gara-gara insident ini,traffic bolehasyik mengalami penurunan. Angka penurunannya tidak main-main. 70%! . Bagi saya,itu angka yang sangat signifikan. Kemudian saya cek ke "Traffic Source" tidak ada yang berasal dari Google. Tapi tidak apa-apa. Karena sudah saya prediksi penurunannya akan sangat tinggi setelah malam sebelumnya saya mendengar kabar Penendangan .co.cc ini dari seorang Sobat Blogger. Tadi malam,setelah mendapat info dari Sobat Blogger (Bro Ladida) bahwa sobat MasDoyok.co.cc tidak ada di Google Search Result Saya coba buktikan,ternyata benar adanya. Saya juga coba cari Asoka Site. Eh ternyata tidak ada juga!! Disitu saya kecewa dengan Google. Kemudian saya coba masuk ke www.co.cc (penyedia domain nya) untuk meminta konfirmasi dan saya tinggalkan komentar pengguna disana, samapi pagi hari ini tidak ada yang membalas dan terkesan tidak ada apa-apa disana. Sungguh tidak bertanggung jawab!!.


(Perkiraan) Alasan Google Banned .Co.Cc
 Kalau menurut saya:
1. Yang pasti karena perubahan (update) algoritma Panda. 
2. Menurut info wikipedia, sebagian besar blog yang terhubung dengan penyedia domain .co.cc mengandung unsur spam dan sering disusupi Malware.Google sangat menentang semua yang bersifat Spam,Auto Generate Content,Duplicate Content, dan sebagainya. Jadi tidak heran jika subdomain ini ditendang dari Google..


Dan kemungkinan masih ada alasan lain yang membuat Google bertindak seperti ini. Saya tidak tahu. Lalu bagaimana nasib pengguna sahabat Blogger yang juga menggunakan domain.co.cc (ekodokcell,dode-xp,masdoyok,dan blogger-blogger yang lainnya termasuk bolehasyik?)


Ada Solusi / pilihan untuk mengatasi ini.
1. Kembali lagi ke setingan domain awal .blogspot.com
2. Beli domain TLD (.com,.info,.org dsb.)
3. Pasrah,Menunggu samapi Google berubah pikiran atau memperbaiki Algoritmanya dan menerima kembali .Co.Cc . Entah sampai kapan Saya juga tidak tahu.


Pilihan yang lain adalah,membuat blog baru!! Dan mulai lagi dari nol. Semua pilihan selanjutnya ada ditangan anda. Tapi yang punya keputusan untuk .co.cc anda ,ada ditangan Google. Jika anda memilih pilihan nomer 3,mari kita berdoa agar Google berubah fikiran dan memperbaiki .co.cc agar kita pengguna .co.cc tidak direpotkan. Amin.


Opini Saya
Tapi apapun yang telah dilakukan Google pasti juga ada tujuan Baiknya. Semoga Search Engine nomer satu ini bisa lebih baik dan lebih adil (selektif) dalam menjalankan tugasnya sebagai Mesin pencari yang memberikan hasil pencarian yang tepat dan lebih kebal terhadap blackhat SEO. Itulah harapan saya sebagai Blogger. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar