Kamis, 23 Juni 2011

Cek Berat Blog Untuk Optimasi SEO Anda

Assalamualaikum wr.wb

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau berat blog juga berpengaruh pada SEO dan Visitor friendly. Blog yang lebih ringan lebih disukai oleh Mesin Pencari. Karena robot SEO mengambil waktu yang sebentar saja untuk mengindeks Artikel isi blog.  (Anda bisa mengukur berat blog anda dengan tool dibawah)

Saya yakin blogger master sekalian pasti tahu hal tersebut. Langsung saja ke topik, konon kabarnya,blog yang dikriteriakan sebagai blog ringan adalah blog yang size nya kurang dari 100kb. Jadi jika blog anda lebih dari itu,berarti itu dikategorikan kurang ringan. Dari sana timbul pertanyaan,"bagaimana jika kita memakai mode mobile blog ,semisal Blogger Touch atau Mippin?? Bukankah itu lebih ringan daripada kalau dibuka di Web PC?? Jadi kalau di buka lewat hape lebih SEO dong?" Pertananyan itu juga terlintas di benak penulis. Bagaimana menurut anda pribadi?  Penulis cari sana-sini tidak ada artikel yang bahas tentang itu. Jadi ya sudah,penulis ambil kesimpulan saja sendiri,kalau yang di sukai Mesin pencari adalah Blog yang cepat diakses!! Bukan size Blog. Size blog nomer dua dibanding kecepatan (^_^). Master Blogger lain boleh memiliki pendapat lain. Pendapat apapun boleh,yang penting heppy :D. Pendapat diatas adalah pendapat penulis sendiri .

Lalu bagaimana agar blog kita cepat loadingnya? Penulis yakin Blogger master sekalian sudah tahu tips trik nya. Jika ada yang belum tahu,biarkanlah penulis mengutarakan beberapa tips dan pendapat setahunya sendiri. Berikut beberapa tips trik agar loading blog ringan dan cepat diakses:

1. Memilih hosting yang tepat.
   Maksud penulis,jika anda mengguanakan domain dot com, kabarnya sebaiknya anda memilih hosting dari negara barat. Kabarnya lebih cepat dan service nya lebih maknyus. Kemudian, hosting foto/gambar. Pilihlah tempat hosting gabar/foto yang bagus. Ada banyak website free hosting di dunia maya. Picasa (by Blogger),Flickr,,Photobucket,etc.

2. Coding HTML
Lebih banyak code (coding) yang anda gunakan,lebih berat pula loading blog anda,dan lebih sukar bagi Robot SEO untuk membaca atau mengindeks. Blog yang lebih sedikit coding HTML nya,lebih cepat ia terindeks oleh robot SEO. Percayalah.

3. Penggunaan widget secukupnya
Memang benar,gunakanlah widget yang secukupnya. Karena ,jika anda menambah widget terlalu banyak,bukan hanya menambah berat blog,tapi juga lama loading blog. Jika misalnya anda menambah widget feedjit disidebar,maka Robot SE harus me load semua data dari feedjit sampai habis baru loading page anda selesai. Jika anda hitung dengan stopwatch google,itu akan sangat terlihat membuat loading page anda lama.

4. Penempatan Widget dan Gadget yang tepat. 
  Yang ketiga adalah Penempatan widget/gadget yang tepat. Karena robot membaca page anda dari kiri atas ke bawah. Saran penulis letakkan lah gatget yang tidak penting dan sangat berat (namun diperlukan) di bawah,atau kolom footer.

5. Compress CSS eksternal ataupun internal.
Saya pikir ini adalah tindak lanjut unutk mengoptimalkan cepat loading blog. Tapi sebenarnya,Blogger sudah menggunkan teknik compress ini pada html blogger (kabarnya). ^_^


6.  ETC.. .(silahkan cari artikel lengkapnya di google tentang cara memaksimalkan speed loading blog. atau anda bisa menunggu bolehasyik mendeklarasikannya. )


Setelah kita tahu beberapa tips,mari kita timbang blog kesayangan maupun saingan anda.


=>kriterian blog ringan kurang dari 100kb
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)




(eg. iwebtool.com)




Powered by iWEBTOOL


Bagaimana? Berapa berat atau size blog anda? Anda bisa menulisnya di kotak komentar yang ada di bawah untuk mencatat,dan ukur lagi esok hari,munkin ada perubahan. Banggalah jika blog anda kurang dari 100kb. Tapi jika lebih,no problem. Yang penting wush.. wush...  Happy Bloging ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar