Jumat, 10 Juni 2011

Akhirnya Asoka SIte Ganti Template

Alhamdulillah,
Akhirnya bolehasyik ganti template juga. Sebenarnya sudah lama penulis mencari-cari template yang cocok untuk bolehasyik. Dengan berbagai pertimbangan tentunya. Sebelumnya bolehasyik masih menggunakan tempalte asli bawaan Blogger.

Bukankah kabarnya template bawaan Blogger itu lebih Seo dan Visitor Friendly??
Sebenarnya penulis juga setuju-setuju saja dengan pernyataan tersebut. Toh bagi penulis yang penting juga Seo dan Visitor friendly. Lantas kenapa ganti template?? Pertanyaan yang bagus. Ada beberapa pertimbangan bagi penulis untuk mengganti template dari bawaan Blogger ke template yang sederhana ini, pertimbangan penulis yaitu:

1. Desain template bawaan blogger terlalu standart.
Menurut saya memang desain dari template bawaan memang terlalu standart. Meskipun ada banyak pilihan menu untuk mendesain ulang template seperti mengubah jenis ataupun warna teks,tapi itu masih saya kategorikan standart. Paling tidak itu mudah ditiru orang lain. Bagi penulis,Blog yang kreatif itu Blog yang memiliki interface dan content yang unique. Atau paling tidak menunjukan kesan yang kreatif dan profesional. Jika templatenya saja standart bawaan Blogger,apanya yang profesional??

2. Ukuran template tiba-tiba kembung!!
Beberapa minggu yang lalu,penulis dikagetkan dengan hasil analisis dari tool penimbang berat badan template. Penulis menggunakan iwebtool. Padahal terakhir kali penulis menimbang bolehasyik,masih dibawah 100 kb, tapi beberapa minggu kedepan saja, ukurannya menjadi 340 kb!! What happen?? Seingat penulis,sebelum menimbang bolehasyik ke iwebtool,penulis sempat menulis sebuah artikel. Setelah artikel tersebut selesai ditulis,dan sudah diposting,penulis coba lihat di homepage bolehasyik. "Wowww, Kenapa yang muncul hanya satu posting saja??". Tapi waktu itu penulis abaikan saja,karena mungkin hanya waktu itu saja karena koneksi disini yang pas-pas an. Iseng-iseng penulis coba cek berat bolehasyik , "Kyaaaa.a.aa!! 340 kb!!". Penulis coba beberapa kali lagi,hasilnya tetap sama! . Setelah penulis cek dengan teliti,eh,ternyata yang membuat Berat adalah gambar dari postingan tersebut. Tanpa pandang bulu dan berpikir dua kali,langsung saja penulis hapus postingan tersebut. (Maaf kalau anda penasaran dan ingin tahu gambarnya seperti apa,tapi sudah terlanjur di hapus. :)  PeDe.com ) Next,

3. Template yang cerah lebih SEO Friendly.
Begitulah kabarnya. SE lebih suka dengan blog yang cerah alias bersih penampilannya. Kalau dipikir-pikir,itu ada benarnya. Soalnya kalau diurut-urut, 1. SE suka dengan blog yang tidak terlalu berat diakses. 2. Blog yang berwarna gelap biasanya ukuran template nya besar (weigh size) karena banyak warna/gambar,jadi berpengaruh pada lebih berat nya loading page. 3. Kesimpulannya SE lebih suka dengan blog yang interfacenya cerah,yang biasanya berwarna putih bersih,karena size nya ringan dan loading pagenya relatif lebih cepat.

Dan kalau untuk blog yang bertema artikel seperti bolehasyik ini (sebenarnya ada juga artikel bolehasyik bertema download) ,memang lebih baik kalau tampilannya bersih agar nyaman dibaca mata/lebih visitor friendly. Kecuali untuk blog yang bertema download,kalaupun bertema hitam,itu tidak masalah. Yang penting kan file atau link download nya. Masalah interface untuk kenyamanan,mungkin jadi yang nomer dua :). Begitulah kira-kira. Lalu apa hubungannya dengan Seo friendly?? Kalau menurut saya, itu hanya mitos tapi mitos yang positif. Toh SE buta warna,alias tidak bisa membaca gambar (without alt tag).

4. Agar terlihat lebih Profesional
Sudah dibahas pada point pertama tadi. Blog dengan template bawaan Blogger,menurut penulis kurang terlihat profesional ,karena menunjukkan authornya kurang kreatif menciptakan template sendiri yang unique. Terkecuali jika template bawaan blogger itu di edit atau di rombak sedemikian rupa hingga tak terlihat lagi kalau itu adalah bawaan Blogger. Sebenarnya ada banyak software untuk membuat templatre blog sendiri,lengkap dengan edit layout dsb (baca: Mudahnya Membuat Template Sendiri dengan Template Shacker)

5. Agar tidak bosan
Kalau yang ini sudah jelas. Dengan new interface atau penampilan baru,akan meningkatkan minat atau semangat untuk selalu Blogging. Tapi point yang kelima ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Oleh karena itu penulis meletakkannya di nomer lima. Bosan atau tidak bosan itu tidak masalah bagi penulis. Kalupun jaran nulis artikel,itu bukan karena bosan, tapi karena ada kesibukan lain di dunia Ofline.

Bay the way,bagaimana pendapat anda tentang template baru bolehasyik ini?? Jujur saja yaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar