Jumat, 09 September 2011

Khatib Jumat Dianiaya Saat Ceramah di Pidie

Tgk Saiful Bahri Bin Ahmad Abu, 41, warga Ara Bungkok, Kecamatan Mila, Pidie, dianiaya sekelompok orang saat menyampaikan khotbah Jumat di Masjid Raya Keumala, Pidie, Jumat (9/9/2011) sekitar pukul 13.45 WIB.

 
Menurut Tgk Saiful Bahri, penganiyayaan itu berawal saat dia diundang oleh pimpinan dayah Darul Qamariah Keude Keumala, Abu Muhammad Amin untuk menyampaikan khotbah Jumat di Masjid Raya Keumala. Namun saat sedang menyampaikan khotbah, tiba-tiba sejumlah pria menyuruhnya untuk turun dan menudingnya telah berkampanye dalam khotbahnya.

“Padahal, dalam menyampaikan khotbah saya tidak pernah menyinggung kelompok atau golongan dan motif politik, tetapi hanya pesan-pesan dan nasehat keagamaan. Saat itu saya didatangi sekitar delapan orang, saya dituding menyampaikan orasi politik dan dimintai turun dari mimbar. Kemudian mereka langsung melayangkan pukulan yang mengenai pelipis kanan saya. Saya juga sempat sempoyongan,” jelas Saiful.

Saiful menuduh pelaku pemukulannya merupakan anggota Komite Peralihan Aceh (KPA) setempat, dan dia akan melanjutkan masalah ini secara hukum. “Saya akan menempuh jalur hukum,” tegasnya.

Terkait pemukulan ini Polres Pidie, telah memintai keterangan saksi korban Tgk Saiful Bahri serta sejumlah saksi lainya. Antara lain, Tgk Ilyas, 40, warga Gampong Jijiem, Keumala, yang juga anggota DPRK Pidie dari Fraksi PA; M Amin, 35, warga Gampong Ue Gadeng; Sabirin, 30, warga Gampong Cot Nuran; Nurdin, 32, warga Gampong Nicah; Zulkifli, 28, warga Gampong Keumala. Semuanya adalah anggota KPA Sago Keumala.
“Sementara, Polres sudah menetapkan dua tersangka, yakni Tgk Ilyas yang merupakan anggota DPRK Pidie dari Partai Aceh serta Sabirin, mantan kombatan GAM. Keduanya sudah ditahan," ucap Kapolres Pidie, AKBP Dumadi.
Dua tersangka yang kini ditahan di Mapolres Pidie bisa dikenakan dengan pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan junto pasal 351 KUHP tentang penganiayaan berat.

sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/1772814/khatib-jumat-dianiaya-saat-ceramah-di-pidie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar