Kamis, 08 September 2011

Ancaman 'Banteng Merah' di Kandang 'Kuda Jingkrak'


Tahun lalu Ferrari sukses mencatat tiga torehan manis di Monza berkat kemenangan Fernando Alonso. Tapi takkan mudah mengulanginya karena keberadaan Sebastian Vettel dari Red Bull.

Alonso berhasil membuat Ferrari bersuka cita di kandangnya sendiri tahun lalu, dengan kesuksesan mencatat pole, meraih podium tertinggi serta catatan lap tercepat.

Tekad serupa kini dicanangkan Alonso, meski tidak akan mudah mengingat dominasi Red Bull musim ini--khususnya Vettel. Maka 'Banteng Merah' pun mengancam 'Kuda Jingkrak' di markasnya.

Berikut statistik terkait balapan GP Italia pada akhir pekan ini, seperti dilansir Reuters:

- Vettel sudah memenangi tujuh dari 12 seri musim ini dan 10 balapan dari 16 balapan terakhi. Michael Schumacher memegang rekor untuk kemenangan terbanyak dalam semusim (13 bersama Ferrari di 2004).

- Hanya tiga pembalap yang sudah memenangi tujuh balapan dalam semusim dan tidak terus meraih gelar juara dunia: Schumacher (2006), Kimi Raikkonen (2005) dan Alain Prost (1988 dan 1984).

- Belum pernah ada pembalap yang memenangi delapan seri dalam semusim dan tidak menjadi juara dunia.

- Hanya ada lima pembalap yang pernah memenangi delapan seri dalam semusim: Schumacher, Mika Hakkinen, Damon Hill, Nigel Mansell dan Ayrton Senna.

- Vettel sudah meraih sembilan pole dari 12 seri musim ini. Red Bull menempatkan pembalapnya di posisi pole pada seluruh seri, dengan Mark Webber mengawali balapan dari posisi terdepan di Spanyol, Inggris Raya dan Jerman.

- Rekor untuk pole untuk seorang pembalap dalam satu musim adalah 14 pole yang dicatatkan Nigel Mansell pada 1992.

- Vettel punya 24 pole dalam karirnya sejauh ini. Schumacher memegang rekor dengan jumlah 68.

- Red Bull sudah memulai 13 balapan terakhir dari posisi pole. Rekor untuk pole beruntun untuk sebuah konstruktor dicetak oleh Williams dengan jumlah 24 pole pada 1992/93.

- Pole terakhir McLaren adalah lewat Lewis Hamilton di Kanada pada Juni 2010. Pole terakhir Ferrari adalah lewat Alonso di Singapura pada bulan September lalu.

- Ferrari sudah memenangi delapan dari 15 balapan terakhir di Monza.

- Schumacher (dengan Ferrari pada 2000 dan 2003) adalah satu-satunya pembalap dalam 20 musim terakhir yang bisa menang di Monza dan kemudian menyabet gelar juara pada musim yang sama.

- Pembalap terakhir Italia yang menang di Mona adalah Ludovico Scarfiotti dengan Ferrari pada tahun 1966. The last win in Italy by an Italian was Riccardo Patrese at Imola in 1990.

- Dua pembalap Italia yang beraksi di lintasan musim ini, Jarno Trulli dan Vitantonio Liuzzi, sama sekali belum meraih satu angka pun.

- Vettel dan Webber belum pernah menuntaskan balapan tanpa angka dalam 14 seri terakhir. Schumacher memegang rekor dengan 24 balapan beruntun selalu mendulang poin.

- Tim Lotus, Hispania (HRT) dan Virgin Racing sama sekali belum bisa meraih poin semenjak debutnya di Bahrain pada tahun lalu.

sumber : http://www.detiksport.com/read/2011/09/08/110332/1718023/80/ancaman-banteng-merah-di-kandang-kuda-jingkrak?query-string

Tidak ada komentar:

Posting Komentar