Senin, 01 Oktober 2012

Penyebab Pikun


Kadang anda lupa meletakan kunci atau dompet anda? Atau anda sering ketinggalan membawa barang? Bila iya, bisa jadi anda tergolong orang yang pelupa atau pikin. Menurut penelitian dari Dr. Peter Rendell, dosen di Universitas South Wales, Sidney, Autralia, jika di usia muda anda tergolong pelupa, sangat besar kemungkinan anda akan lebih cepat mengalami kepikunan.
Sifat pelupa atau pikun ini sendiri ternyata dapat berasal dari kebiasaan anda sehari-hari yang akan membuat daya kerja otak anda akan menurun. Akibatnya, memori anda akan semakin buruk dan daya tangkappun melemah. Oleh seba itu, untuk menghindari sifat pikun atau pelupa, sebaiknya anda tidak melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini:

  1. Makan terlalu banyak
Tahukah anda, selain menyebabkan kegemukan, makan terlalu banyak apalagi dengan mengkonsumsi makanan berkadar lemak yang tinggi akan mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah di otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya, kemampuan kerja otak anda akan melemah.
  1. Merokok
Kebiasaan merokok tidak hanya akan merusak kesehatan paru-paru anda saja, namun juga mengakibatkan penyusuran otak secara cepat. Bahkan efek terburuknya, kebiasaan merokok akan menyebabkan penyakit alzhaimer atau penyakit yang membuat anda melupakan banyak hal.
  1. Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Jika anda menyukai makanan-makanan dan minuman-minuman yang manis, ada baiknya anda mulai mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manus karena faktanya mengkonsumsi terlalu banyak gula akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga akan menyebabkan ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.
  1. Kurang tidur
Seperti yang anda tahu, otak juga memerlukan waktu tidur untuk beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Nah, kekurangan tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan-kerusakan sel otak.
  1. Kurang menstimulasi pikiran
Berfikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak anda, kurangnya stimulasi pada otak akan menyebabkan otak anda mengkerut dan mudah melupakan hal-hal penting.
  1. Jarang berkomunikasi
Berkomunikasi sangat diperlukan oleh otak untuk mejadi salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak anda. Sehingga jika anda jarang berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih.
  1. Memikirkan banyak hal saat sakit
Memaksa otak untuk bekerja terlalu keras akan menyebabkan berkurangnya efektivitas pada otak, bahkan untuk efek jangka panjangnya, memaksa otak untuk berfikir akan merusak otak anda.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari sakit pikun atau lupa-lupa ingat jadi ingat lagu...:D, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar