Sabtu, 13 Oktober 2012

15 Aturan Penting Pixar dalam Membuat Film-Film Animasi

15 Aturan Penting Pixar dalam Membuat Film-Film Animasi

Pengen tau kenapa film-film animasi Pixar selalu menarik perhatian para penikmat layar lebar? Gak peduli anak-anak, remaja, maupun orang tua? Emma Coasts, salah satu artist storyboard membeberkan aturan-aturan penting yang dipegang dalam lingkungan kerja Pixar untuk membuat film-film animasi sehingga membuahkan masterpieces seperti Toy Story ataupun Up. Cekidot aturan-aturan penting Pixar itu di bawah.

#1. Kami berusaha mengagumi karakter yang kami buat, bukan mengagumi kesukesan yang akan dicapai oleh karakter itu.

#2. Setiap kami membuat seorang tokoh kartun, kami menempatkan diri kami sebagai audiens, bukan sebagai pembuat tokohnya.

#3. Tema itu penting, tetapi kami akan lebih senang bila sudah bisa menentukan alur yang tepat untuk cerita itu dan endingnya.

15 Aturan Penting Pixar dalam Membuat Film-Film Animasi

#4. Rumus klasik masih berlaku. "Once upon a time there was ___. Every day, ___. One day ___. Because of that, ___. Because of that, ___. Until finally ___."

#5. Melakukan penyederhanaan dan kombinasi. Terdengar sulit, tetapi nanti akan menguntungkan kami sebagai pembuat tokoh dan cerita.

#6. Rumus klasik: tentukan hal-hal yang istimewa untuk karakter itu, dan... coba kebalikan dari sifat-sifat terbaik yang mereka miliki. Masukkan ke karakter itu. Buat cerita bagaimana mereka menanganinya.

#7. Tidak ada yang sempurna, termasuk jalan cerita kami. Tetapi kami meyakini satu hal, bila cerita itu berakhir, maka akhirilah. Masih ada kesempatan lain untuk menyempurnakannya.

15 Aturan Penting Pixar dalam Membuat Film-Film Animasi

#8. Ketika kami kehabisan ide, kami akan membuat daftar apa-apa yang TIDAK AKAN terjadi selanjutnya.

#9. Menuangkan ide di kertas adalah pilihan bijak, karena kami dapat membuat ide itu lebih baik. Daripada kami menyimpan ide itu, tak akan ada yang tahu!

#10. Kami memberikan opini ke karakter yang kami buat. Artinya, kami berusaha membuat karakter yang mempunyai ciri khas di mata para audiens. Tak perlu muluk, namun kekhasannya harus nampak jelas.

#11. Kami selalu berusaha menomor satukan pembuatan ending. Serius, itu cukup sulit.

#12. Selalu berikan tokoh utama dan penjahat utama masalah yang besar.

15 Aturan Penting Pixar dalam Membuat Film-Film Animasi

#13. Kami berlatih untuk mengubah sesuatu yang kurang kami sukai menjadi sedikit lebih disukai.

#14. KENAPA KAMI HARUS MENCERITAKAN KISAH INI? Saat kami menemukan "alasan itu", yang dapat membuat semangat kami terbakar untuk menceritakannya. Maka ide akan terus mengalir. Kami percaya itu!

#15. Kami selalu menulis esai dari film yang kami buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar