Rabu, 18 Mei 2011

Manfaat dan Keuntungan Ping Service Untuk Blog Anda



PING. Apakah Anda ingin menjadi nomer satu 1 di Search Engine??
Solusinya mungkin bisa menggunakan jasa PING atau Pig Service. Ping Service adalah salah satu service yang di butuh kan oleh Blogger agar blog mereka lebih seo friendly dan mempunyai traffic visitor yang ramai. Sebelumnya ,mari kita telaah dulu apa itu Ping ??
PING merupakan Singkatan dari Packet Internet GopherMenurut Wikipedia "ping adalah sebuah XML-RPC berbasis mekanisme dorong" . Ada banyak website atau situs yang menyediakan fasilitas Ping Service untuk Nge-PING blog anda. Daftar Alamat Penyedia PING Service Diantaranya :

Penulis sendiri lebih suka meminta bantuan Ping-O-Matic dan Google Ping untuk melakukan PING blog ini dan Blog yang lain. Lalu apa manfaat atau keuntungan melakukan PING Blog dengan Ping Service? 

Tentunya ada banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan layanan Ping ,apalagi untuk blog anda yang rajin Posting,rajin Edit HTML ,pokoknya rajin melakukan perubahan-perubahan di dalam Blog ,PINg sangat penting!! Kenapa sangat penting? 

Ketika kita melakukan perubahan (misalnya posting artikel baru), Search Engine layaknya Google atau yahoo Search,belum tentu langsung tau atau dapat mengindeks Perubahan dan Posting terbaru blog anda tersebut. Kadang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk Search Engine mengetahui perubahan baru di Blog anda. Dengan bantuan PING Service ini,perubahan-perubahan atau posting artikel terbaru anda akan disampaikan lebih cepat kepada Search Engine untuk memberitahu Search Engine bahwa Blog anda telah melakukan Perubahan. Agar mereka bisa mulai meng "crawl" kontent Blog anda. Dengan begitu SE bisa meng index kontent baru Blog anda lebih cepat. 

Kalau divisualisasikan ,ibaratnya kita adalah Pedagang Buah. Keseharian kita menjual buah Jambu,Semangka, dan Durian Montok saja. Kemudian  Hari ini,kita menambah buah dagangan kita. Misalnya kita menambah buah Alpukat dan Buah Kelapa. Dengan begitu, tidak semua pembeli Buah tahu kalo sekarang anda menambah dagangan anda . Kecuali orang-orang yang sudah  mengunjungi toko anda ketika anda baru selesai menambah dagangan anda. Bagimana dengan pembeli yang belum pernah atau hanya sekali mengunjungi toko dagangan anda? Mungkin mereka butuh waktu beberapa hari sampai ada orang lain yang memberi tahu kalau di toko Anda ada jenis buah baru. Bukankah itu terlalu lama?. Disini lah PING Service beraksi. Mereka dengan cepat ,dan suka rela menyampaikan informasi kepada pada pencari buah bahwa dagangan buah di toko anda sudah ditambah dengan buah Alpukat dan Buah Kelapa. Dengan begitu,para pencari buah tahu kalau toko anda sudah menyediakan Buah Alpukat dan Buah Kelapa.  Pokoknya seperti itu lah, bingung juga mau dijelasin bagaimana. Pokoknya nanti anda pasti akan tahu sendiri apa itu PING.

Jadi kesimpulan yang kita dapat , Manfaat PING untuk Blog kita adalah : 
1. Pendistribusian posting baru lebih cepat
2. Mudah terindeks oleh Mesin Pencari layaknya Google dan Yahoo Search
3. Karena Mudah di indeks dan dikenali oleh mesin Pencari,kemungkinan besar berpengaruh pada SERP Blog. Dan buka tidak mungkin Blog anda bisa menjadi Pertamaks alias nomer satu di mesin Pencari.  
4. Karena SERP bagus,maka akan meningkatkan traffic visitor di Blog kita. | ini nih yang dicari ,hhaahaa |
5.  Terakhir, PageRank kita juga akan Naik dan Maju Jaya seiring ramainya Visitor ke Blog Kita. hhaahaa .. . 
Traffic: Up Up 
Menarik Bukan??


Lalu,apa Kerugian atau efek sampingnya?
Tentu saja segala hal itu ada sisi positif dan ada pula sisi negatifnya. Kalau menurut penulis dan teman-teman blogger yang lain ,efek samping atau mitos nya kalau menggunakan Ping Service Blog ini adalah:
1. Menyita waktu!!
       Banyak teman-teman blogger yang menganggap PING blog itu "tidak penting" . Asal kita sabar saja        menunggu indeks otomatis Om Google, itu sudah cukup. Jadi Blogger juga harus sabar. "Memangnya itu benar?? kalau ada yang cepat,kenapa musti nunggu?? Ya kan."
2. Bisa dianggap Spam Oleh Search Engine.
        Sebenarnya anggapan itu tidak 100% Benar. Kita hanya dianggap spam oleh Search Engine jika terlalu sering melakukan PING Blog,padahal kitanya jarang posting atau melakukan renofasi Meta tag atau yang yang lain di blog kita. kalo tidak ada perubahan ,apa yang perlu di PING?? ini hanya buang-buang waktu saja!! Justru malah akan di beri label SPAM oleh Search Engine layaknya google. jadi sarang penulis, lakukan lah PING sewajarnya dan seperlunya saja. Jika anda jarang posting, lakukan PING maksimal setiap kali anda selesai posting, baru lakukan PING Blog. Hasilnya akan sangat efektif dan sangat berpengaruh pada SERP blog anda.

Jadi, kenapa anda tidak melakukan PING untuk Blog anda??

Kesimpulan diatas,penulis buat sendiri menurut pengalaman penulis sendiri. Jika ada yang mau menambahai atau mengoreksi ,silahkan sampaikan saja di kotak komentar . See You.. . and Happy Blogging. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar