Senin, 13 Desember 2010

Sekilas Mengenai Blog Baru Ini

Bismillah, ini adalah tulisan pertama untuk domain baru http://bolehasyik.blogspot.com/ setelah berpindah-pindah tidak karuan dari dua blog sebelumnya yaitu  hijrah pertama yang merupakan blog pertama kali saya memulai aktivitas baru saya sebagai seorang blogger dan sekarang blog tersebut menjadi blog tetap yang membahas topic keagamaan kemudian berpindah lagi ke domain hijrah kedua yang sebelumnya bermaksud untuk menulis blog tutorial yang saya bisa dengan berbahasa English di blog tersebut. Setelah merasa lelah tak menentu dalam pencarian domain yang bagus dan pernah merasa down pula penyebab utamanya, syukur inspirasi mengetuk pikiran saya untuk tetap blogging dan Alhamdulillah sekaligus menemukan nama domain yang cantik sekali menurut saya (prikitiew he he). Baiklah karena ini awal dari oilink untuk menulis maka tutorialpun akan dibahas dari awal pula. 

Sejarah Blog

sejarah bloggerMedia blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat open-source atau gratisan yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis-penulis blog tersebut. Blog memiliki fungsi beraneka ragam dari sebuah catatan harian, media publikasi atau promosi produk barang dan jasa, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan internet marketing. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Pengenalan Blogspot atau Blogger

Blog merupakan singkatan dari "web log" yang terpisah dari dua kata berbeda arti, log (catatan) yang ditulis dalam bentuk situs web. Tulisan-tulisan di blog yang nantinya akan lebih akrab dikenal dengan sebutan posting (entri) ditampilkan secara urut berdasarkan waktu penulisannya, meskipun tidak selamanya demikian karena bisa saja nantinya dapat kita ubah sendiri waktu penulisannya. Pengguna blog, maksud saya orang yang menulis di blog disebut blogger. Kita dapat mengetahui gambaran sosok seorang blogger dengan melihat isi blognya. Situs web seperti blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Anda dapat menemukan berbagai layanan situs internet yang menyediakan layanan untuk membuat blog, diantaranya: wordpress, blogger, blogdetik, dan lain-lain. Blogspot merupakan salah satu situs penyedia layanan yang didukung oleh Google. Anda bisa membuat blog pada blogspot dengan membuka alamat website: www.blogger.com atau www.blogspot.com karena kedua situs tersebut isinya sama saja.

Sekian dulu tulisan awal ini yang sekaligus menjadi peresmian blog oilink dan semoga tetap terus semangat ngeblog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar