Senin, 13 Desember 2010

Beberapa Alasan Menjadi Seorang Blogger

Jika ada yang beranggapan bahwa kegiatan ngeblog terlalu menyita banyak waktu, maka persepsi tersebut kembali pada individu masing-masing. Bagaimana kita dapat membagi waktu kita untuk ngeblog. Jangan sampai dengan ngeblog dapat mengganggu pekerjaan utama kita. Saya sarankan pergunakan leisure anda untuk ngeblog dengan kembali pada niat awal anda ngeblog. Namun jika ada pula yang masih bertanya-tanya manfaat dari kegiatan blogging dan apa untungnya menjadi seorang blogger? Berikut saya paparkan beberapa alasan saya secara pribadi ketika memutuskan untuk belajar menjadi seorang blogger (curhat mode: on):

1. Blogging Melatih Kita Mahir Menulis
Jelas, manfaat besar sangat terasa didapat oleh kalangan blogger mengenai hal ini. Ada orang yang pintar berbicara tetapi ketika menuangkannya dalam bentuk tulisan terasa sulit untuk diungkapkan dengan mempertimbangkan kaidah atau gaya tulisan yang khas sehingaa dapat terasa nikmat untuk dibaca, begitu pula sebaliknya. Ada seni yang menyebabkan tulisan seseorang enak untuk dibaca dan dinikmati. Seseorang tidak akan begitu saja pandai mengungkapkan apa yang ada dalam fikirannya tanpa latihan yang dilakukan secara rutin. Bagi yang sudah terlatih, kumpulan uneg-uneg saja bisa jadi bacaan yang menarik. Saat pertama kali saya melakukan posting, kesulitan pertama yang saya hadapi adalah bagaimana menyusun kalimat yang baik agar bisa dipahami banyak orang, bagaimana menyampaikan hal-hal yang bisa menjawab pertanyaan banyak orang, bagaimana mencari informasi yang menarik dan sedang banyak dicari orang lalu menuliskannya dalam blog saya, dan banyak lagi. Tidak mudah memang, akan tetapi saya tidak berhenti sampai disitu dan berusaha untuk terus mencoba. Kini, setelah beberapa waktu berlalu, setelah beberapa tulisan saya posting, saya bisa merasakan hasilnya. Semua kesulitan yang saya alami itulah yang telah melatih saya menulis lebih baik dari sebelumnya.

2. Amal Ibadah
Mengapa dikatakan sebagai amal ibadah atau amal kebaikan. Ya, informasi yang kita tulis akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi umat manusia. Ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari tiga amal jariyah yang kebaikannya akan bersifat abadi. Pahala amal kebaikan ini tidak akan pernah terputus dan terus mengalir meski kita sudah meninggalkan dunia online ataupun offline. Maka dari itu, pilihan ngeblog adalah pilihan yang sangat tepat untuk mengisi tabungan amal kebaikan kita dan berinvestasi baik dunia maupun akhirat karena ada pepatah arab mengatakan khairunnasi ahsanuhum khuluqan wa anfa’uhum linnas yang artinya sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberikan manfaat bagi yang lainnya. Jangan ragu dan enggan untuk membagikan ilmu yang kita miliki walau hanya satu huruf karena amal kebaikan seberat biji sawipun akan dicatat sebagai bekal kita nanti.

3. Suka Tantangan
Saya bukan seorang mahasiswa Teknik Komputer dan Informatika. Tidak mudah bagi saya menggeluti dunia baru,  terlebih tanpa seorang guru yang mendampingi. Ketika saya melihat dan membaca apa yang telah dilakukan oleh para blogger lain di situsnya masing-masing saya merasa begitu iri dan tertarik sekaligus pula termotivasi. Orang sudah sedemikian merdeka menyampaikan ide-idenya, opini-opininya, dan segala hal tentang dunia mereka dengan mudah, tanpa rasa takut dan khawatir, mendapat penghasilan pula. Sayangnya,  setiap kali saya ingin mencoba mengikuti, pertanyaan yang timbul adalah: “bagaimana dan dari mana saya harus memulainya? Sedangkan saya tak punya seseorang untuk membimbing dan memandu saya untuk itu”. Dengan penuh keyakinan, asal ada kemauan pasti ada jalan. Toh mahasiswa Teknik Komputer dan Informatikapun pandai bukan karena sekolahnya, tapi karena belajarnya!   Where there is a will, there is a way. Man jadda wajada. Saya suka akan dunia baru ini, dan saya terima tantangannya.

4. Mudah Dan Murah
Mudah? Apanya yang mudah? Bukankah ngeblog itu sulit menurut pendapat sebagian besar orang? Ya, tergantung dengan apa kita membandingkannya. Jika kita membandingkannya dengan membuat presentasi menggunakan Microsoft Pewer Point, maka membuat blog sedikit lebih sulit, perlu waktu dan kesabaran untuk mempelajarinya, terlebih jika mempelajarinya secara ortodidak. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan membuat sebuah situs web, membuat blog jauh lebih mudah dan simple. Satu hal yang penting, anda bisa melakukan semuanya secara cuma-cuma terkecuali untuk biaya internetnya.

5. Sarana Mengekspresikan Diri
Jika anda seorang yang sedang mencari jati diri atau ingin mengexspose kelebihan-kelebihan yang dimiliki kepada banyak orang atau katakan saja ingin mencari popularitas, tetapi anda mengalami kesulitan untuk melakukannya. Sebagian mungkin sudah menemukan tempatnya. Namun bagi anda yang belum, saya mengajak anda untuk mengekspresikan diri anda melalui internet. Tidak sedikit orang yang kini menjadi selebritis dan terkenal dengan memanfaatkan media internet pada awalnya untuk menunjukkan kemampuan yang dimilikinya. Dalam hal ini saya mengajak anda yang belum menjadi seorang blogger untuk bergabung berprofesi sebagai seorang blogger. Ya, dengan menjadi seorang blogger anda bebas terbang melayang menggapai impian anda. Jika anda interested dalam dunia jurnalistik, maka asahlah kemampuan menulis anda sehingga dengan selalu mempraktekannya anda akan lebih terbiasa menulis. Dan semakin banyak orang mengapresiasi karya kita, maka semakin banyak pula orang yang mengenal kita. Mungkin bukan hanya di Indonesia. Dan tahukan anda apa risikonya menjadi orang terkenal? Apapun yang anda katakan, akan banyak orang yang menuruti dan mengikuti perkataan-perkataan anda!

6. Media Informasi
Internet adalah inovasi kebudayaan yang sangat berpengaruh di abad ini. Tatkala kita berada di jalur dunia intenet, salah satunya dengan blog, berarti kita sudah menempatkan diri di dunia yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Apa yang kita sampaikan di blog kita akan segera bisa diakses dan dibaca oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian, tak sulit bagi kita sekarang untuk menggali infomasi atau mempublikasikan berbagai hal yang kita anggap penting. Bahkan untuk mempromosikan suatu produk, kita dapat dengan mudah melakukannya. Blog juga bisa menjadi sarana untuk membentuk opini publik? Karena masyarakat pada umumnya berpendapat sesuai dengan apa yang mereka dengar dan mereka lihat atau yang mereka baca. Mari kita bicara sedikit tentang ‘idealisme’. Tanyakanlah kepada kaum muda saat ini tentang pacaran, tentang busana yang baik, tentang etika bergaul, dan banyak hal lagi, apa kiranya yang ada dalam fikiran mereka tentang hal-hal itu? Yang biasa saya dengar, jawaban mereka tidak jauh dengan yang menjadi jawaban para selebritis di televisi, mungkin jauh berbeda dengan yang menjadi idealisme kita, sekalipun tidak semua kaum muda seperti itu. Pedulikah anda akan hal itu? Jika ya, kita bisa membuat opini-opini pembanding dengan perantaraan artikel-arikel di blog kita. Semakin menarik, akan semakin banyak orang yang suka, semakin banyak juga orang yang membaca. Semakin banyak pula opini publik yang terbentuk melalui blog kita.

7. Media Untuk Mencari Pengahasilan Tambahan
Ya, untuk yang satu ini saya benar-benar belum begitu berpengalaman karena saya sendiri juga sedang meraba-raba, belajar untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Saya ketahui dan sering melihat alangkah banyaknya lapangan kerja baru yang tercipta melalui media internet. Khususnya, saya salut kepada founder blogger yang telah menjadikan jutawan-jutawan yang lahir dengan memberikan kesempatan untuk bebas mengelola blog mereka dari blogger. Banyak program di dunia maya yang bisa kita ikuti dan bisa meningkatkan penghasilan kita. Sebut saja program reseller/affiliate marketing, Paid To Click (PTC), Paid Per Click (PPC), bisnis domain seperti hostgator, dan masih banyak lagi. Beberapa program mengharuskan kita untuk setidaknya memiliki sebuah blog. Bahkan tidak sedikit orang yang mengikuti program ini sebagai penghasilan utama mereka dan menggantungkan hidup mereka dari internet dan bisa mencukupi kehidupan mereka pula dari penghasilan yang didapat dari dunia maya tersebut.

Bagaimana? Apakah pintu hati anda mulai terbuka untuk memulai ngeblog. Bukankah akan terasa menyenangkan menyalurkan bakat dan hobi kita di sela-sela waktu luang kita dengan ngeblog. Bagi anda yang mulai terbuka fikirannya, maka silakan untuk melanjutkan tindakan awal anda untuk menjadi seorang blogger dengan mendaftar di sini untuk memilih layanan blogger dan di sini untuk memilih layanan wordpress. Selamat berjuang dan berkreativitas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar