Minggu, 12 Desember 2010

10 LUBANG MISTERIUS DAN UNIK DI DUNIA


KEAJAIBAN dan fenomena alam sering ada dan terjadi di belahan dunia ini. Sedikitnya ada 10 lubang misterius dan unik di dunia ini yang perlu kita tahu.

1. The Door to Hell-Uzbekistan


Orang menyebut lubang ini, The door to hell, karena bentuknya yang aneh seakan-akan terhubung dengan inti bumi. Situs yang terletak di dekat kota kecil Darvaz di Uzbekistan ini tergolong aneh karena lubang ini diselimuti oleh api yang terus-terusan menyala tanpa henti. Konon, sudah lebih dari 35 tahun api tersebut tetap menyala. 

Menurut para peneliti dan geologist, lubang tersebut adalah keajaiban. Dia tidak mengeluarkan gas-gas yang beracun, tidak seperti kebanyakan lubang2 raksasa lainnya. Banyak spekulasi yang merebak terkait proses pembentukan lubang ini. Ada yang bilang lubang ini adalah keajaiban alam.

Namun ada yang menduga lubang ini terjadi karena bekas tempat meteor berskala sedang jatuh. Ada juga yang mengatakan bahwa ini akibat dari kecelakaan pada pengeboran eksplorasi gas alam pada tahun 1986 yang menimbulkan ledakan besar. Namun tidak satupun teori itu dibenarkan. 

2. Kimberley Hole – Afrika Selatan


Lubang Besar Kimberley berada di Afrika Selatan. Lubang ini mencapai kedalaman 1.097 meter dan garis tengah lubang ini adalah sepanjang 463 meter.  

Lubang ini merupakan hasil galian manusia dari tahun 1866 hingga 1914, kemudian ditutup pemerintah. Sebanyak 50.000 penambang telah menggali lubang ini dan menghasilkan lebih dari 3 ton berlian. Jumlah tanah yang terbuang oleh penambangan diperkirakan sekitar 22,5 juta ton.

3. Glory Hole – Monticello Dam, California



Lubang ini merupakan spillway terbesar di dunia.  Lubang ini digunakan apabila air sudah melebihi kapasitas waduk dan harus dikurangi volumenya   Dengan ukuran ini memungkinkan untuk mengkonsumsi 14.400 kubik air setiap detik. Lokasi lubang ini berada di Bendungan Monticello, California, Amerika.

4. Bingham Canyon Mine – Utah


Lubang ini juga dibuat manusia untuk kegiatan pertambangan. Pengerukan dimulai pada tahun 1863 dan masih terus berlangsung hingga saat ini Saat ini, ukuran lubang sudah mencapai kedalaman 0,75 mil dan lebarnya 2,5 mil.

5. Great Blue Hole – Belize


Fenomena geografis yang luar biasa ini dikenal dengan Blue Hole. terletak 60 mil di bagian daratan Belize. Di dunia ini terdapat banyak blue hole, tetapi tidak seperti yang menakjubkan di Belize. Permukaan diameter lubang ini sebesar 0,25 mil, dengan kedalaman mencapai 145 meter. Orang bisa menyelam di lubang ini.  

6. Mirny Diamond Mine – Serbia


Lagi-lagi hasil pertambangan manusia membuat lubang sedalam 525 meter dengan diameter 1.200 meter. Lubang ini telah ditetapkan sebagai daerah larangan terbang di atas zona lubang. Karena beberapa helikopter pernah jatuh ke dalam lubang tersebut dengan alasan tidak jelas. 

7. Diavik Mine – Canada



Lubang ini ditemukan di 300km timur laut dari Yellowknife, Kanada. Ini adalah tambang yang sangat besar dan daerah yang jauh sehingga ia bahkan telah memiliki sendiri bandara dengan landasan yang cukup besar untuk menampung sebuah Boeing 737. Hal itu juga terlihat sama ketika air di sekililingnya membeku. 

8. Sink Hole – Guatemala


Pada tahun 2007 terjadi sebuah sink hole atau lubang sedalam 300 kaki yang sanggup menelan Patung Liberty. Sinkhole terjadi saat air (air hujan atau kotoran biasanya) di dalam bumi hilang pada skala besar, sehingga menyebabkan perubahan tekanan dari bawah.

Dan ketidakstabilan alam menyebabkan permukaan tanah “collaps” atau runtuh ke dalam bumi, menenggelamkan belasan rumah dan menewaskan setidaknya 3 orang.  

9. Gua di Antartika


Spekulasi tentang gua ini adalah dijadikan markas militer rahasia atau markas alien yang ada di Antartika ?    Lubang ini berbentuk struktur berbentuk lubang pintu yang terlihat di sebuah bukit batu bersalju di Antartika. Sepertinya lubang itu dibuat oleh tangan-tangan manusia.

10. Mel’s Hole-Washington (Amerika)



Mel’s hole adalah sebuah lubang yang berada di satu bagian dari kota kecil di Washington bernama Manastash Ridge. Lubang ini ditemukan pertama kali oleh Mel Waters. Lubang yang berdiameter 9 kaki itu mengandung misteri karena diduga, lubang ini tidak berujung. 

REFERENSI : tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar