Selasa, 14 Desember 2010

Pendaftaran Blogspot

Untuk memulai kehidupan anda menjadi seorang blogger, maka terlebih dahulu menyelesaikan proses pendaftaran dengan langkah yang sangat mudah. Tentunya pendaftaran untuk membuat blog yang disediakan blogger atau blogspot bisa didapatkan secara gratis. Ikuti langkah-langkah pendaftaran sebagai berikut:

1. Silakan kunjungi situs blognya dengan url www.blogger.com atau www.blogspot.com dan setelah itu ciptakan blog anda dengan klik pilihan get started seperti yang dicontohkan pada gambar di bawah ini.
2. Pada halaman berikutnya akan ditampilkan langkah dan form pendaftaran blogger. Untuk membuat blog di blogger anda hanya perlu melakukan tiga langkah mudah, yaitu: membuat akun, memberikan nama blog, dan memilih template blog sesuai selera.

3. Untuk melakukan ketiga langkah di atas, mulai dari mengisi data pada form pendaftaran yang disediakan.
Alamat Email
Masukkan alamat email yang sudah anda miliki. Sebaiknya anda mendaftar dengan menggunakan gmail yang dimiliki google karena akan memudahkan anda dan tidak perlu lagi verifikasi akun nantinya.
Nama Tampilan
Masukkan nama anda karena nama tersebut akan muncul di setiap posting blog yang akan digunakan nanti.
Pada isian form selanjutnya hanya tinggal mengikuti instruksi yang tertera pada blogger tersebut karena blogger sudah mendukung bahasa Indonesia yang dapat digunakan dan dimengerti dengan baik.

4. Pada tahap selanjutnya adalah pemberian nama blog yang akan digunakan. Sebaiknya isi sesuai dengan tema blog yang akan dibuat nanti. Kemudian memilih nama domain blog yang akan digunakan. Hal ini juga penting untuk dipertimbangkan karena nama domain yang baik adalah nama domain yang tidak hanya mudah untuk diingat oleh si pembuat blog saja, tetapi alangkah baiknya nama umum yang mudah diingat oleh semua orang. Dan juga pertimbangkan nama domain dari sisi SEO. Artinya nama domain blog yang singkat sangat baik apabila ditinjau dari sisi SEO tersebut.

5. Pada halaman berikutnya adalah langkah terakhir proses pendaftaran blog, yaitu memilih template. Klik pilihan screenshot template yang anda inginkan kemudian klik tombol lanjutkan.

6. Setelah itu akan muncul halaman pemberitahuan bahwa blog yang baru saja anda buat telah berhasil. Setelah blog jadi, maka anda dapat mulai menulis pada sebuah posting pertama yang akan dipublikasikan dalam blog tersebut dengan cara klik tombol mulai blogging.


7. Setelah masuk pada menu posting baru, silakan isi apa saja (disarankan untuk langsung mengisi posting baru anda agar blog tidak terlihat sepi, dan biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan dilocked). Contoh: hello world. Klik tombol pratinjau (preview) untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, atau klik tombol terbitkan entri (publish post) jika posting anda mau dipublikasikan langsung. 


8. Selamat, sekarang anda sudah punya blog. Klik lihat entri (view post) untuk melihat hasil dari apa yang baru saja anda publish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar